Story Pod Si Kotak Ajaib

Sahabat pernah mendengar tentang Story Pod? Inilah kotak ajaib yang aman bagi anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Tidak seperti kotak ajaib kebanyakan yang selama ini kita ketahui sebagai televisi, ia tidak menayangkan sinetron maupun reality show.

Kotak ajaib bernama Story Pod ini adalah perpustakaan umum yang ada di kota Newmarket, Ontario, Kanada. Ruangan ini memiliki panjang dan lebar 8 meter serta tinggi 10 meter. Uniknya, kotak ajaib ini mampu membuka dan menutup seperti sebuah buku. Kotak ini dirancang oleh studio arsitek Atelier Kastelic Buffey (AKB) sebagai tempat warga untuk membaca. Tim desainernya terdiri dari dua orang yaitu Aaron Finbow dan Kelly Buffey. Adapun inisiatornya adalah HollisWealth, yang sekaligus menjadi donatur dalam pembuatan Story Pod.

Pada pandangan pertama, sebidang kotak hitam ini sering dikira orang sebagai ruang penyimpanan barang. Tetapi ketika pintunya terbuka, orang-orang akan terkejut. Dua daun pintunya benar-benar dapat terbuka lebar layaknya sampul buku. Pada masing-masing daun pintu, terdapat tempat duduk. Sementara di dalamnya, terpampang rak buku yang terisi penuh. Warga dapat duduk dan membaca buku dengan nyaman. Mereka juga bisa membawa buku dari rumah untuk dibaca di sana. Pengunjung juga dapat bertukar buku di tempatĀ ini.

Story Pod yang terletak di jantung kota Newmarket, kota di utara Toronto ini berhasil menarik rasa penasaran orang-orang yang tengah lewat di sana. Pada siang hari, perpustakaan iniĀ terbuka sering menjadi tempat berteduh bagi orang-orang yang sedang lalu lalang. Terkadang, mereka mampir karena memang ingin membaca bacaan ringan. Terkadang, mereka sekedar duduk-duduk santai di antara taburan novel dan puisi. Terkadang, sekelompok anak sekolah berkumpul di sana bersama gurunya pada sesi pembacaan cerita atau semacamnya.

Desainnya ramah lingkungan. Tampilannya menarik. Pada malam hari saat Story Pod terkunci, ia memancarkan cahaya bagi sekitarnya, seakan ingin menyampaikan pesan bahwa dengan membaca, dunia kita akan penuh cahaya. Wah, menarik sekali jika di Indonesia juga ada tempat membaca yang asyik seperti Story Pod ini untuk melengkapi perpustakaanperpustakaan yang semakin megah, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *