Komikus Indonesia di Kancah Dunia

Dulu komik identik dengan produksi Amerika Serikat atau Jepang. Kini, Sahabat juga dapat mendengar nama-nama komikus Indonesia di kancah dunia!

Sebut saja Annisa Nisfihani. Ia adalah komikus asal Tenggarong, Kalimantan Timur yang kini mulai mendunia. Burung (Bubble Pop), Geng Bokek (Elexmedia) dan Me Vs Big Slacker Baby/BSB (re:ON Comics) merupakan beberapa karya yang melambungkan namanya. Karyanya yang lain juga terbit bersama karya komikus Indonesia yang lain di majalah komik re:ON. Serial Me Vs Big Slacker Baby masih bersambung hingga saat ini. Serial komik yang ini bahkan terbit secara online dalam bahasa Jepang di comic-catapult.com. Selain dalam bentuk buku, Sahabat dapat mengikuti kisahnya di laman reoncomics.com.

Karya perempuan kelahiran Maret 1990 yang kini juga booming yaitu My Pre Wedding. Serial ini memenangi kompetisi Webtoon Challenge 2015. Sahabat kini sudah dapat membacanya di LINE Webtoon Indonesia, penyelenggara kompetisi tersebut. Komik ini bergenre komedi-romantis yang mengambil tokoh para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari Tenggarong mari beralih ke Sawojajar. Komikus asal Malang ini bernama Vebi Surya Wibawa atau dikenal juga dengan nama Vbi Djenggoten. Sebelum menjadi komikus, ia adalah seorang set designer acara hiburan di stasiun televisi swasta ternama.

Komik yang digarap oleh suami Mira Rahman ini adalah komik religi. 33 Pesan Nabi Jilid 1-3, Islam Sehari-hari, dan 5 Pesan Damai adalah karya-karya yang melejitkan namanya. Ketiga komik tersebut tidak hanya terbit di Indonesia, tetapi juga di Malaysia. Sementara itu, 33 Pesan Nabi Jilid 2 ditetapkan sebagai Komik Terbaik Anugerah Pembaca Indonesia oleh Goodreads. Vebi juga dinobatkan sebagai salah satu dari lima komikus Indonesia untuk program Comiconnexion, pertukaran budaya antara komikus Indonesia-Jerman, oleh Goethe Institute tahun 2012.

Selain cerita yang unik, pria yang memiliki 2 anak ini menggambar komik yang anti-mainstream. Ketika para komikus lain tidak bisa meninggalkan gaya komik Jepang atau manga, ia justru sama sekali tidak terpengaruh oleh mereka. Rambut keriting, perut buncit, memakai sandal jepit adalah karakter khas dalam komik-komiknya.

Para komikus Indonesia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh komikus luar negeri, mereka lihai menggambarkan kisah-kisah yang realistis. Karakter-karakter yang dibuat oleh komikus Indonesia tidak terbalut oleh hal-hal yang berada di luar akal manusia. Mereka hidup dan menjalani kehidupan normal dengan berbagai macam permasalahan yang melingkupinya. My Pre Wedding dan Me Vs Big Slacker-nya Annisa Nisfihani merupakan gambaran umum rakyat Indonesia, seputar anak SMA hingga pegawai pemerintah. Islam Sehari-hari dan 33 Pesan Nabi-nya Vebi jauh dari unsur kekuatan magis, dakwah Islam disampaikan secara lembut dan bijak. Tidak diragukan lagi, komikus Indonesia telah siap mewarnai dunia komik di kancah dunia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *