Manfaat Komik? Adakah?

Orang tua bisa jadi khawatir kalau melihat anaknya sering membaca komik. Orang kadang menganggap tidak ada manfaat komik. Label bahwa anak yang membaca komik berarti sedang membuang waktu dengan sia-sia masih melekat kuat dalam benak masyarakat. Bukan hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri juga demikian. Tengok saja kisah Nobita. Ibu Nobita pasti akan marah besar dan membuang komik-komiknya jika ia ketahuan tengah membaca komik daripada belajar.

Namun Sahabat, sebenarnya komik dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat! Yuk, kita simak beberapa alasannya:

1. Mengenalkan budaya membaca

Bagi mereka yang belum suka membaca, ada tantangan tersendiri saat harus membaca buku. Huruf yang banyak dan berjarak rapat sering menimbulkan rasa malas untuk membaca. Ini terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Nah, komik dapat menjadi sarana untuk mengenalkan budaya membaca pada mereka!

2. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas

Gambar-gambar dalam komik membantu kita melakukan visualisasi cerita. Imajinasi kita pun melayang bersama gambar-gambar di komik. Kisah yang disampaikan komik pun mudah masuk ke benak pikiran kita karena bantuan gambarnya. Ini tentu sangat bermanfaat, terutama untuk anak atau orang dewasa yang memiliki kecerdasan visual.

3. Hiburan yang murah

Sebuah komik rata-rata dihargai dua puluh ribu rupiah. Bahkan harga tersebut masih bisa berkurang jika Sahabat membeli di toko buku diskon atau ketika ada promo. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket wahana bermain atau tiket masuk tempat wisata. Membaca komik merupakan hiburan yang murah dan menyenangkan.

Melihat manfaat komik di atas, mungkin Sahabat ingin mengenalkan komik pada ananda? Nah, sebelum membeli komik, Sahabat perlu memperhatikan dulu isi cerita dan gaya gambar komik tersebut. Tidak semua komik ditujukan untuk anak-anak. Ada komik-komik yang memiliki cerita atau gaya gambar yang tidak sesuai untuk anak-anak. Komik-komik dari manca negara pun sering kali membawa budaya yang berbeda dengan budaya negeri kita. Untuk itu, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam menyeleksi bacaan komik ananda. Lebih baik lagi jika Sahabat menyengaja membeli komik karya komikus Indonesia. Selain isinya lebih sehat juga memberi dukungan pada karya anak bangsa!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *