Membaca Kunci Sukses Anda!

Zaman mengajarkan kepada kita bahwa membaca merupakan kunci sukses. Contoh orang yang sukses karena giat membaca yang akrab di telinga kita adalah sosok Habibie. Nah, pernahkan Sahabat bertanya, mengapa membaca bisa jadi jalan sukses seseorang?

1. Orang yang suka membaca biasanya fokus pada apa yang dikerjakan

Orang yang suka membaca mampu fokus pada satu hal dalam waktu yang lama. Membaca bukanlah proses yang cepat dan bukan juga proses tunggal. Seorang pembaca memang mengambil beberapa kali jeda untuk menyelesaikan sebuah buku. Namun, mereka tidak akan meninggalkan bacaannya lebih dari sehari sejak ia mulai masuk ke dalam bukunya. Orang-orang yang sukses merasakan hal yang sama ketika mengerjakan sesuatu.

2. Orang yang suka membaca biasanya punya tujuan yang jelas

Untuk menyelesaikan sebuah buku, para pembaca biasanya menentukan kapan ia akan beristirahat. Mereka membuat batasan halaman atau bab yang harus diselesaikan sebelum meninggalkannya untuk aktivitas yang lain. Terkadang mereka memutuskan untuk membaca dalam sekali duduk. Orang-orang sukses juga memiliki tujuan-tujuan yang jelas dalam hidupnya dan membuat perencanaan yang matang hingga tujuan itu tercapai.

3. Mereka menggunakan waktu secara bijak

Para pembaca adalah orang-orang yang tidak suka membuang waktunya dengan sia-sia. Mereka mungkin hanya memiliki waktu 15 menit sebelum pergi ke suatu tempat, waktu yang singkat untuk melakukan pekerjaan. Akan tetapi, daripada tidak mengerjakan apapun akhirnya mereka membaca buku. Orang-orang yang sukses memandang waktu sebagai hal yang bernilai tinggi sehingga mereka akan menggunakan waktunya secara bijak.

4. Mereka memiliki kemampuan menulis dan bicara yang baik

Membaca membawa manfaat bagi orang dewasa. Tidak mengejutkan jika para orator ulung di dunia ini merupakan orang-orang yang gemar membaca. Mereka belajar kosakata dan tata bahasa serta belajar dari pengalaman orang-orang terdahulu yang telah sukses. Tentu saja melalui buku.

5. Orang yang suka membaca biasanya memiliki ingatan yang kuat

Salah satu manfaat yang didapatkan orang yang suka membaca adalah, tanpa sadar, daya ingat mereka meningkat seiring perkembangan waktu. Otak manusia memiliki kapasitas yang tidak terbatas. Semakin banyak yang dibaca tidak akan membuat ruang memori manusia menajdi penuh sesak. Saat dibutuhkan, memori itu akan keluar sedikit demi sedikit.

6. Mereka terpelajar

Orang-orang menjadi sukses karena mereka selalu belajar sepanjang waktu. Saat membaca buku mereka tidak hanya bersenang-senang, melainkan juga mengambil pelajaran yang ada di dalamnya. Membaca buku bukanlah tugas sekolah, tetapi kesempatan untuk menambah informasi. Bahkan jika buku fiksi yang mereka baca, selalu ada celah untuk menemukan pelajaran baru.

7. Mereka membaca untuk bersantai

Orang-orang yang sukses juga membutuhkan waktu tersendiri untuk sejenak keluar dari rumitnya kehidupan. Namun bukan berarti mereka melarikan diri. Membaca dapat membuat mereka tetap waras karena saat membaca pikiran mereka santai. Hal ini mengurangi tingkat stres yang mereka alami.

Nah, jika Sahabat ingin sukses, mari mulai membiasakan diri untuk gemar membaca. Bangun jalan sukses anda dengan banyak membaca dan mendapatkan manfaatnya!

Share

One thought on “Membaca Kunci Sukses Anda!

  • February 23, 2017 at 1:41 pm
    Permalink

    hohoho… tapi terkadang rasa malas menyerang saya, tapi memang saya mendapat banyak hal dari membaca. Banyak angan dan asa yang tercipta dari sesuatu yang saya baca. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *