7 Manfaat Rutin Membaca bagi Orang Dewasa

Membaca bukan hanya bermanfaat bagi anak-anak. Membaca juga memberi manfaat bagi orang dewasa. Nah, mari simak tujuh manfaat rutin membaca bagi orang dewasa berikut ini yuk!

1. Melepas stress ketika tertimpa masalah

Membaca itu menenangkan pikiran. Membaca buku dapat membuat kita lupa sejenak akan masalah yang dihadapi dan memberi waktu istirahat pada otak yang penat. Bahkan tak jarang, ustru penyelesaian masalah itu ada di dalam buku. Ini tentu lebih baik daripada terjebak dalam jeratan narkoba atau minuman beralkohol.

2. Menemukan keluarga baru

Semua orang memiliki ayah, ibu, saudara, dan mungkin paman, bibi, kakek, nenek, hingga satu keluarga besar. Tetapi mungkin juga tidak semua orang memilikinya. Bahkan meski ada keluarga, terkadang manusia masih saja merasa sendirian di dunia ini. Namun saat menjadi pembaca, seseorang akan mendapatkan keluarga baru yaitu para tokoh dalam cerita, serta para pecinta buku dan penulis dari seluruh dunia.

3. Mendapatkan pengetahuan baru

Membaca buku akan membuka jendela pengetahuan kita. Dalam setiap buku terdapat ilmu yang dapat dipetik, mulai dari psikologi, hubungan antar manusia, ekspresi beragama, pandangan hidup hingga sejarah. Jika ingin informasi yang lebih banyak, galilah dari buku! Seperti kata Hercule Poirot, detektif dalam novel karya Agatha Christie, kita harus selalu melatih sel-sel kelabu otak kita dengan membaca!

4. Menumbuhkan rendah hati

Semakin banyak buku yang dibaca akan menyadarkan seseorang bahwa ada banyak pengetahuan yang ia tidak tahu. Ternyata, ia jauh lebih bodoh dari yang ia kira. Ini akan menumbukan kerendahan hati dalam diri seseorang, menjadikannya seperti padi; semakin berisi akan semakin menunduk.

5. Tutur kata lebih halus

Aktivitas membaca adalah cara paling mudah untuk mengembangkan kosakata dan melatih kepekaan bahasa. Semakin banyak membaca, Sahabat akan peka dengan cara menggunakan pilihan kata, teknik menyusun kata dan bagaimana menyampaikan informasi. Ini tentu bermanfaat pada kemampuan berbahasa anda! Ada banyak orang Indonesia yang sukses karena membaca, siapa tahu selanjutnya anda!

6. Menjadi orang yang kreatif dan berani

Berbeda dengan menyaksikan televisi, Sahabat dipaksa untuk berimajinasi ketika ia membaca buku. Mau tidak mau, anda akan membayangkan rupa tokoh-tokohnya, lokasi, dan segala peristiwa yang terjadi. Hal ini akan mengasah kreativitas seseorang. Kreativitas pun tumbuh sebagai manfaat rutin membaca! Buktinya, yuk simakĀ kisah profesor asal Kediri yang menemukan teknologi aplikasi 4G karena terinspirasi kisah Dragon Ball!

7. Pengusir rasa bosan saat terjebak macet atau menunggu antrian

Tidak akan ada lagi bunyi ketukan kaki yang tak sabaran ataupun desahan nafas yang putus asa. Rasa bosan dapat diatasi dengan membaca buku. Keinginan untuk menggerutu akan lenyap seketika saat membaca buku. Dengan membaca, menunggu pun terasa lebih singkat. Sahabat pun belajar untuk bersabar. Luar biasa, bukan?

Nah, Sahabat sudah simak banyak manfaat membaca buku. Jadi, ayo segera membuka buku sekarang! Ambil sebuah buku. Buka lalu baca lembar demi lembarnya. Progamkan membaca sepuluh menit dalam sehari dan rasakan tujuh manfaat rutin membaca muncul dalam kehidupan Sahabat semua!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *