Goodreads: Tempat Bertemu Para Pembaca dari Seluruh Dunia

Facebook. Twitter. Instagram. Path. Snapchat. Linkedin. Line. Siapa yang tidak kenal? Sederet jejaring sosial di dunia maya yang mampu menghubungkan berbagai macam orang dari seluruh dunia. Tapi sudahkah sahabat mendengar tentang Goodreads? Ini adalah jejaring sosial bagi mereka yang tergila-gila kepada buku.

Setidaknya ada tiga hal utama yang biasa dilakukan oleh para pemilik akun Goodreads. Ketiganya terkait dengan status buku. Pertama, read yaitu memberikan ulasan buku-buku yang sudah dibaca. Kedua, want to read yaitu menandai buku-buku yang ingin dibaca. Ketiga, currently reading yaitu mengunggah aktivitas baca buku, bahkan secara spesifik bisa menuliskan sampai pada halaman ke berapa buku yang sedang dibaca.

Membangun jaringan pertemanan di Goodreads sudah tentu akan membuka wawasan tentang buku-buku yang beredar di dalam negeri maupun luar negeri. Tersedia pula fasilitas grup yang dapat diikuti oleh siapa saja. Melalui grup-grup tersebut setiap anggota dapat berdiskusi tentang buku-buku yang mereka sukai. Sesekali mereka melakukan kopi darat.

Para pemilik akun dapat mengikuti aktivitas para penulis favorit mereka. Dengan demikian, mereka bisa mengetahui info terkini tentang buku-buku terbaru para penulis dari seluruh dunia. Kata-kata mutiara atau kutipam bijak dari tokoh-tokoh penulis maupun non-penulis juga dapat dilihat di menu explore-quotes. Ada juga program giveaway. Program ini merupakan program bagi-bagi buku gratis. Para pembaca di manapun mereka berada bisa mendaftarkan dirinya dalam program ini asalkan di sana tercantum kode negaranya. Untuk Indonesia, kodenya adalah ID. Pendaftarannya juga mudah yaitu dengan menuliskan nama dan alamat lengkap. Jika ingin mengikuti program ini jangan lupa perhatikan waktu pelaksanaannya karena program ini berbatas waktu. Penentuan pemenang dilakukan secara otomatis.

Pihak Goodreads juga memberikan rekomendasi buku secara berkala kepada setiap pemilik akun. Rekomendasi ini diberikan secara otomatis berdasarkan buku-buku yang telah mereka baca. Ketika kantong semakin menipis tetapi hasrat untuk membaca semakin tebal, di sana ada banyak buku-buku versi ebook. Ada yang bisa diunduh dalam bentuk pdf ada pula yang hanya bisa dibaca secara online.

Segudang kelebihan yang telah disebutkan di atas tidakkah membuat Sahabat pecinta buku tergiur untuk memiliki akun Goodreads? Sama seperti pendaftaran akun jejaring sosial yang lain, anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui email. Sangat mudah dan selamat mencoba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *