Hambatan Membaca pada Anak (2)

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang dua jenis hambatan membaca pada anak dan cara mengatasinya. Kali ini kita akan membahas hambatan ketiga dan keempat, yang muncul karena anak belum memahami arti kata dan belum mampu mengerti isi bacaan.

Ketiga, hambatan kosa kata. Kadang anak enggan membaca karena mereka merasa tidak tahu arti kata-kata di buku. Anak mungkin saja sudah dapat membaca kata “operasi” namun mungkin tidak memahami apa artinya. Apalagi jika kata tersebut bersifat abstrak, seperti “harapan”, “impian”, “menderita” dan sebagainya. Untuk itu, anda perlu membimbing dan memperkaya kosa kata anak.

Cara mengatasinya:

  • – Saat membaca buku bersama, selalu dorong ananda untuk menanyakan arti kata yang ia tidak tahu.
  • Banyak mengobrol dengan ananda dengan tema yang bervariasi. Saat anda menggunakan kata yang baru, pancing dengan menanyakan apakah ia sudah mengetahui arti kata tersebut. Jika belum, jelaskan dengan bahasa yang mudah ia mengerti.

Keempat, hambatan memahami bacaan. Bisa jadi, anak sebenarnya sudah tahu arti kata namun ketika membaca kalimat dan paragraf, ia belum dapat menangkap makna paragraf tersebut. Ini sangat wajar, terutama bagi anak yang baru belajar membaca. Selalu dukung ananda untuk mengembangkan kemampuan memahami bacaan. Jangan pernah menertawakan, mengejek atau memarahi anak kalau ia belum memahami arti bacaan! Jika anak ditertawakan, diejek atau dimarahi, ia justru enggan membaca.

Cara mengatasi:

  • Pilihkan buku anak yang menggunakan kalimat pendek dan sederhana. Serial Alvin dan Fa dapat menjadi teman ananda belajar membaca.
  • Saat membaca bersama, berhenti membaca setiap satu paragraf. Tanyakan apakah ananda sudah paham paragraf tersebut. Minta ia untuk menceritakan kembali. Jika ia sudah dapat menangkap isi satu paragraf, berhentilah membaca setelah satu halaman, dan seterusnya sampai ananda memahami satu buku.
  • Buat peta ide (mind map) untuk membantu ananda memahami isi buku cerita.

Nah, ternyata empat hambatan membaca pada anak ini sangat mudah untuk diatasi! Tunggu apa lagi, Sahabat, ayo segera ajak ananda untuk membaca! Yang diperlukan hanyalah semangat dari para guru dan orang tua, sikap positif dan kesabaran. Dengan dukungan itu, anak-anak akan mampu mengatasi hambatan mereka dan menemukan serunya membaca!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *