Tiket bentuk Buku di Brazil

Sahabat sering menggunakan kereta api untuk berpergian, baik keluar kota atau pergi ke kantor? Tentu banyak waktu di atas kereta, bisa digunakan untuk membaca. Nah, pernah membayangkan kalau buku yang Sahabat baca itu bisa digunakan untuk tiket kereta? Hah, tiket bentuk buku!? Mana ada?

Jangan salah, Sahabat! Tiket berbentuk buku ini benar-benar ada di Brazil. Sejak tahun 2015 lalu, penerbit buku L&PM Editores di Brazil mencetak buku saku yang juga dapat digunakan sebagai tiket elektronik untuk kereta api bawah tanah atau subway! Untuk mencetak buku tiket ini, L&PM Editores bekerja sama dengan AgĂȘncia Africa dan Via Quatro, perusahaan yang menjalankan kereta bawah tanah di Brazil.

Buku tiket ini bentuknya sama seperti novel dan buku saku lainnya. Di dalamnya pun ada tulisan, sebagaimana buku biasanya. Yang membedakan, di dalam sampulnya ditanam kartu elektronik RFID. Kartu inilah yang menjadi tiket elektronik dan dibaca oleh mesin tiket di kereta bawah tanah. Di dalam kartu ini terdapat kredit untuk sepuluh kali perjalanan. Jika sudah menempuh sepuluh perjalanan, pemilik buku dapat melakukan isi ulang melalui website.

Tidak hanya repot-repot mencetak buku tiket ini, L&PM Editores juga membagikan secara gratis 10.000 buku di beberapa stasiun bawah tanah kota Sao Paolo! Upaya ini dilakukan karena ternyata minat baca di Brazil dipandang masih sangat rendah. Dalam setahun, warga Brazil rata-rata hanya membaca dua buku. Dengan adanya pencetakan dan pembagian buku tiket ini, L&PM Editores mengharapkan warga kota Sao Paolo akan mengalami peningkatan minat baca dan dapat menjadi percontohan bagi warga di kota-kota lain di Brazil. Harapan ini sepertinya terwujud karena pemerintah Brazil kemudian memperluas program tiket bentuk buku ini ke beberapa kota besar lainnya.

Nah, Sahabat, bagaimana dengan kita di Indonesia? Berdasarkan penelitian, minat baca masyarakat Indonesia pun masih sangat rendah. Bahkan para mahasiswa pun masih enggan banyak membaca. Sepertinya butuh banyak inovasi dari Pemerintah Indonesia dan masyarakat semua untuk terus menumbuhkan minat baca, ya! Yuk, menjadi bagian dari gerakan merayakan membaca di Indonesia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *