Surga Pustaka di Yogyakarta

Wening Mulat Asih
Mahasiswi Universitas Gadjah Mada

 

Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai “Kota Pelajar”. Julukan ini kian kukuh dengan diresmikannya sebuah perpustakaan yang bernama Grhatama Pustaka di penghujung tahun 2015 lalu. Grhatama Pustaka, yang artinya “tempat untuk belajar”, adalah perpustakaan yang terbuka untuk umum. Perpustakaan ini terletak di atas tanah seluas 2,4 hektar yang berdampingan dengan Jogja Expo Center (JEC). Gedung perpustakaan ini berdiri megah dengan empat pilar dan sirip yang menjadi ciri khasnya.

Memasuki gedungnya, Sahabat akan menemukan kalimat “Your library is your paradise“. Harapan bahwa perpustakaan ini dapat menjadi surga bagi para pengunjungnya tersebut terwujud melalui desain interior dan fasilitas di perpustakaan ini yang terlihat sangat menyenangkan. Tata ruang perpustakaan ini pun memenuhi aneka kebutuhan pengunjung. Di lantai 1, terdapat ruang koleksi umum maupun ruang koleksi buku berhuruf Braille. Di sana juga terdapat taman-taman kecil, tempat Sahabat dapat mengobrol santai dan melepas lelah.

Beralih ke lantai 2, Sahabat dapat menikmati berbagai koleksi digital berupa audio, video, ebook, maupun jurnal di ruang koleksi digital yang telah dilengkapi beberapa unit komputer. Di ruang skripsi, Sahabat dapat membaca koleksi skripsi dari berbagai kampus di Yogyakarta. Selain itu, di lantai 2 juga terdapat ruang multimedia, ruang koleksi majalah dan koran, ruang koleksi buku langka, serta ruang koleksi buku undang-undang dan peraturan.

Perpustakaan ini didesain pula untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak. Di lantai dasar, terdapat ruang dongeng anak. Tak hanya itu, ada pula ruang koleksi permainan anak, ruang musik anak, maupun mini bioskop 6D. Lantai dasar ini juga dilengkapi mushola yang nyaman.

Nah! Perpustakaan ini benar-benar menarik dikunjungi, bukan? Untuk menularkan minat membaca, yuk ajak keluarga dan sahabat-sahabat lain ke Grhatama Pustaka, Yogyakarta. Perpustakaan yang sudah beroperasi sejak 4 Januari 2016 ini, direncanakan dapat dikunjungi pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Meski demikian, bagian administrasi baru dapat beroperasi hingga pukul 16.00 WIB dan hanya sebagian ruangan yang dapat melayani pengunjung hingga pukul 22.00 WIB.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *