Hilangkan Stress dengan Membaca!

Kegemaran membaca memberikan manfaat pada siapa saja. Tidak hanya bermanfaat pada anak, orang dewasa pun akan mendapatkan manfaat dari membaca. Pada 16 September 2014, Wallstreet Journal menerbitkan artikel tentang keuntungan tak terduga dari kegemaran membaca. Siapa sangka, kita ternyata dapat hilangkan stress dengan membaca!?

Dalam artikel ini, wartawati WSJ menjelaskan kegiatan sebuah klub buku di Wellington, Selandia Baru yang bernama Slow Reading Club. Setiap akhir pekan, anggota klub buku ini datang ke sebuah cafe untuk membaca buku. Mereka tidak berdiskusi tentang sastra atau apa; mereka cukup duduk, diam dan masing-masing membaca buku kegemarannya. Sepintas, tidak ada yang istimewa dari kegiatan ini. Namun menurut Meg Williams, penggagas klub buku ini, kegiatan ini dirasakan sangat membantu anggota klub buku untuk dapat bersantai dan mengurangi penat pikiran mereka.

Apa yang dilakukan anggota Slow Reading Club ini sebenarnya merupakan bagian dari terapi menggunakan membaca, atau yang dikenal dengan Bibliotherapy. Menurut Mckenna dkk (2010), istilah Bibliotherapy sendiri baru dikenalkan ke dunia psikologi dan psikoterapi pada tahun 1916. Namun terapi ini telah dilaksanakan jauh sebelumnya, bahkan diperkirakan sejak Abad Pertengahan.

Sahabat, yang menarik dari Bibliotherapy ini adalah, anda dapat melakukannya sendiri di rumah! Berikut ini beberapa langkah yang anda dapat lakukan terapi membaca secara mandiri. Pertama, kenali sumber stress atau beban pikiran anda. Runut masalahnya, apakah itu karena marah, mudah sedih, takut kehilangan pekerjaan dan sebagainya.

Langkah kedua adalah menemukan buku dengan tema yang sesuai. Anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat atau toko buku dan mencari di bagian Psikologi atau Agama. Coba telusuri, apakah ada buku-buku yang sesuai dengan tema kebutuhan anda. Juga tengok bagian Novel! Membaca novel dengan tema tertentu bisa jadi membantu anda mengurai beban pikiran lho!

Ketiga, carilah tempat dan waktu yang nyaman untuk membaca. Ingat, membaca adalah kebutuhan penting anda! Pilih waktu yang memungkinkan anda untuk membaca dengan tenang dan nyaman. Jangan gunakan waktu sisa, ketika anda sudah mengantuk dan kelelahan, untuk membaca.

Keempat, dengan bantuan buku yang anda baca, coba telusuri dan kenali sumber masalah anda. Jika yang anda baca adalah buku fiksi seperti novel, mungkin anda dapat menggunakan cerita di dalam novel sebagai cermin permasalahan anda. Sedikit demi sedikit, anda akan dapat hilangkan stress dengan membaca buku-buku tersebut!

Menarik sekali ya, Sahabat! Betapa membaca ternyata memiliki manfaat yang sangat besar, bukan hanya pada aspek kecerdasan seseorang tapi juga pada kesehatan jiwanya! Ayo, rutinkan membaca mulai hari ini!

 

McKenna, G., Hevey, D., and Martin, E. (2010). “Patients’ and providers’ perspectives on bibliotherapy in primary care”. Clinical Psychology and Psychotherapy, 17, 497-509.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *