Lesehan Baca Buku di Victoria Park

Victoria Park adalah sebuah taman yang indah di bagian utara Hong Kong. Taman ini mengambil nama dari Ratu Victoria dari Inggris. Taman ini merupakan salah satu tempat umum yang menjadi pusat kegiatan warga Hong Kong. Nah, tahukah Sahabat bahwa warga Indonesia pernah asyik lesehanĀ baca buku di taman ini?

Lesehan baca buku di Victoria Park ini merupakan bagian dari kegiatan Perpustakaan Rabbani yang digagas oleh para pengurus dan anggota Forum Lingkar Pena (FLP) Hong Kong. Sebelumnya, buku-buku ini hanya dapat dipinjam oleh anggota. Namun, mulai tahun 2012, FLP Hong Kong memutuskan untuk membuka perpustakaan di Victoria Park sehingga buku-buku koleksi mereka dapat dibaca dan bermanfaat untuk umum.

Perpustakaan lesehan ini digelar setiap hari Minggu, saat kebanyakan warga Indonesia yang menjadi buruh migran di Hong Kong mendapatkan libur. Tidak hanya melayani peminjaman buku, perpustakaan lesehan ini juga menggelar diskusi kepenulisan dan pengajian bagi buruh migran Indonesia di Hong Kong.

Menurut Anna Ilham, Ketua FLP Hong Kong, kegiatan Perpustakaan Rabbani ini mendapatkan sambutan positif dari warga Indonesia di Hong Kong. Setiap hari Minggu, banyak orang mengunjungi perpustakaan, meminjam buku dan membaca di sana. Banyak pula yang mengikuti acara diskusi kepenulisan dan pengajian yang digelar. Salah satu produk diskusi kepenulisan ini adalah buku antologi karya anggota Forum Lingkar Pena Hong Kong yang berjudul “Jejak Laut dalam Cerita”.

Sayang, mulai tahun 2015, perpustakaan lesehan ini harus ditutup seiring dengan usaha pemerintah Hong Kong untuk menertibkan kegiatan di Victoria Park dan taman-taman umum lainnya. Namun upaya FLP Hong Kong untuk menyebarkan cinta baca tidak pudar. Semangat ini kemudian mendapatkan dukungan dari KJRI di Hong Kong. Mulai bulan Desember 2015, FLP Hong Kong dipercaya untuk memindahkan kegiatan Perpustakaan Rabbani ke gedung KJRI lantai 1.

Dalam wawancara dengan Sahabat Membaca, Anna Ilham menyatakan harapannya agar kegiatan Perpustakaan Rabbani di tempat baru ini akan semakin bermanfaat bagi warga negara Indonesia di Hong Kong. Adanya perpustakaan ini Anna harapkan dapat menjadi tujuan WNI di Hong Kong untuk mengisi hari libur dengan kegiatan positif.

Sahabat, luar biasa sekali gerakan rekan-rekan buruh migran Indonesia yang tergabung dalam Forum Lingkar Pena Hong Kong ini, ya! Mari teladani aktivitas mereka dan sebarkan cinta baca di lingkungan kita. Jika Sahabat memiliki kegiatan atau komunitas yang aktif menumbuhkan cinta baca di masyarakat, silahkan hubungi Sahabat Membaca untuk menampilkan kegiatan anda!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *