Baca Picture Book Yuk!

Bayi dan balita biasanya suka buku bergambar, apalagi dengan aneka jenisnya. Tapi bagaimana cara baca picture book yang Ayah dan Bunda dapat lakukan, sehingga si kecil bisa menikmati sekaligus mendapatkan manfaat yang maksimak? Yuk, simak kiat-kiat berikut!

Pusatkan perhatian pada gambar

Bayi dan balita belum dapat membaca huruf dan memahami cerita secara runut seperti anak yang lebih besar. Untuk itu, ajak mereka untuk memperhatikan dan menikmati gambar. Bayi akan tertarik dengan aneka warna yang mencolok. Tunjuk satu gambar kemudian ceritakan apa yang terjadi di sana. Gunakan tiga gaya membacakan buku pada bayi untuk merangsang kemampuan bahasa ananda.

Balita sudah memiliki pemahaman lebih sehingga dapat mengerti bentuk, gambar dan rangkaian gambar. Ajak ananda “bertamasya” dengan gambar-gambar di buku. Sambil membacakan cerita, gerakkan telunjuk ke bagian-bagian gambar, sesuai cerita yang Ayah dan Bunda baca. Tanyakan pada ananda apa yang ia lihat di gambar tersebut untuk melatih kemampuannya memahami bacaan.

Kaitkan gambar dengan huruf

Pada anak yang sudah lebih besar, gunakan aneka gambar untuk membantu mereka mengenali huruf dan kata. Saat Ayah dan Bunda baca picture book, tunjuk kata yang ada dan ucapkan bunyinya, kemudian biarkan ananda menunjuk gambarnya. Atau dapat juga sebaliknya: Ayah dan Bunda menunjuk gambar kemudian ananda menunjukkan tulisannya.

Untuk picture book jenis touch and feel dan lift the flap, setelah Ayah dan Bunda selesai membaca satu kalimat, ajak ananda untuk menyentuh bagian buku yang memiliki tekstur berbeda atau membuka bagian tersembunyinya. Ini akan membantu ananda mengingat apa informasi yang ia dapatkan dari bacaan anda.

Mainkan bukunya!

Keunggulan picture book adalah anak dapat menggunakan buku untuk bermain. Pop-up book misalnya menyediakan kejutan 3D yang “mekar” saat ananda membuka buku dan menguncup kembali saat ananda menutupnya. Aktivitas membuka dan menutup buku bisa jadi permainan yang sangat menyenangkan bagi ananda.

Permainan semacam ini dapat membuat ananda lebih lama berinteraksi dengan bukunya. Perlu Ayah dan Bunda ingat, panak-anak memiliki daya konsentrasi yang pendek. Sangat mungkin ananda akan bosan jika harus terus duduk membaca. Nah, picture book menyediakan hiburan untuk ananda di setiap halaman, membuat acara baca picture book jadi asyik dan menyenangkan!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *