Jenis Picture Book untuk anak

Setelah mengenal buku bergambar, Sahabat mungkin tertarik untuk tahu lebih lanjut jenis picture book yang dapat dihadiahkan untuk ananda. Ada banyak ragam buku bergambar namun setidaknya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

Board book adalah buku yang terbuat dari karton tebal. Harga mungkin lebih mahal daripada buku-buku lain namun bahannya yang kuat membuat buku ini tidak robek meski dimainkan dengan seru oleh ananda. Kukuhnya halaman board book inilah yang menjadi keistimewaan utamanya. Tulisan di buku jenis ini biasanya hanya satu-dua kalimat per halaman, membuatnya sangat cocok sebagai teman bermain bayi dan balita.

contoh board book

Tactile book atau touch-and-feel book adalah buku yang unik karena selain mengajak ananda membaca juga mengajak ananda menggunakan indera perabanya. Bagian-bagian buku ini biasanya ditempeli kain, kapas atau aneka bahan lain sehingga menimbulkan tekstur yang bervariasi. Anak-anak yang membaca dapat diarahkan untuk meraba dan mengelus bagian buku yang memiliki tekstur berbeda. Ajak mereka untuk mengeksplorasi rasa tersebut, apakah halus, kasar, empuk dan sebagainya. Buku jenis ini cocok untuk batita yang sedang gemar bereksplorasi dengan indera peraba.

contoh touch and feel book

Lift the flap book memiliki bagian-bagian yang dapat dibuka oleh ananda. Di belakang bagian ini ada gambar binatang atau benda-benda yang tersembunyi. Buku jenis ini cocok untuk balita yang penuh rasa ingin tahu. Buku ini bagus untuk mengajarkan pada ananda kemampuan ingin tahu, mencari dan menemukan sesuatu. Ananda pasti suka membaca dan bermain bersama buku ini karena ada petualangan yang ia rasakan di setiap halamannya! Ketika membaca bersama ananda, ajak ananda untuk mencari dan menemukan sendiri bagian-bagian khusus tersebut sehingga kreativitasnya akan berkembang.

contoh lift the flap book

Pop up book adalah buku yang penuh kejutan. Ketika ananda membuka halaman buku, akan ada gambar yang muncul keluar dari halaman buku. Biasanya gambar ini bagian dari ilustrasi buku. Pada beberapa buku, ananda dapat bermain-main dan menggerakkan gambar, membuat membaca buku jadi sangat interaktif dan menyenangkan! Karena karakternya ini, pop up book cocok untuk balita ke atas, yang sudah lebih paham bagaimana bermain dan menjaga bukunya.

contoh pop up book

Jika Sahabat sekalian ingin menghadiahkan buku-buku sejenis ini untuk ananda tapi belum menemukannya di toko buku di Indonesia, jangan bersedih! Buku-buku interaktif ini dapat anda buat sendiri kok di rumah! Silahkan simak cara membuat pop up book di artikel ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *