Mengenal Picture Book

Sahabat sudah pernah dengar istilah picture book? Picture book atau buku bergambar adalah jenis buku bacaan untuk anak. Sesuai namanya, buku jenis ini memiliki banyak gambar yang menarik. Bahkan gambar menjadi keunggulan utama buku-buku ini.

Buku bergambar biasanya memiliki tulisan yang tidak terlalu banyak. Bahkan, buku bergambar untuk bayi tidak memiliki tulisan sama sekali. Ini karena bayi belum mampu mengenal huruf jadi tidak perlu ada tulisan di buku. Yang penting, ada gambar dengan aneka bentuk, ukuran dan warna-warni ceria. Ini akan membantu bayi belajar.

Ayah dan Bunda dapat menggunakan buku bergambar tanpa huruf tersebut untuk bercerita pada bayi. Mulailah mengajak bayi membaca buku sejak usia delapan bulan. Pangku ananda dan ceritakan gambar tersebut kepadanya. Bayi akan mendapatkan pengetahuan dari mendengar Ayah dan Bunda membaca dan berkomunikasi dengan mereka. Jangan salah, hal yang mungkin kita anggap sepele seperti membacakan cerita secara rutin ini ternyata sangat bermanfaat bagi perkembangan kemampuan komunikasi bayi!

Picture Book The Line, oleh Paula Bossio
The Line, oleh Paula Bossio, contoh picture book tanpa tulisan

Buku bergambar untuk balita dapat tanpa kalimat seperti untuk bayi. Ada juga yang memiliki satu-dua kata di tiap halamannya. Ini sesuai dengan kemampuan balita yang mulai mengenal bentuk. Ayah dan Bunda dapat mengajak balita untuk menirukan suara binatang yang ada di gambar, bergerak seperti pohon tertiup angin atau mengulang huruf dan kata-kata sederhana.

Buku bergambar untuk anak yang lebih besar biasanya memiliki satu atau dua baris kalimat di tiap halaman. Buku-buku ini dapat Ayah dan Bunda gunakan untuk mengajak anak-anak usia lima tahun ke atas untuk belajar membaca. Ajak ananda untuk merangkai huruf menjadi kata dan kata menjadi kalimat.

serial Alvin dan Fa, contoh picture book
Teman Baruku, karya Ari Pusparini, contoh picture book untuk pembaca pemula

Perlu Ayah dan Bunda ingat, yang terpenting bukan banyaknya kata yang ananda bisa baca tapi semangat dan riangnya ia bermain bersama buku. Untuk itu tidak perlu memaksa anak harus bisa membaca atau menghafal huruf. Cukup kenalkan ia dengan aneka jenis picture book dan tumbuhkan cintanya pada buku. Kemampuan membaca anak akan tumbuh dengan sendirinya jika ia sering berinteraksi dengan buku. Pastikan anda membaca setiap hari bersama ananda!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *