3 Gaya Membacakan Buku untuk Bayi

Membacakan buku untuk bayi merupakan kegiatan dengan aneka manfaat. Ternyata, ada beberapa jenis gaya membacakan buku yang dapat Sahabat terapkan saat membacakan buku untuk bayi tercinta! Kombinasi gaya membacakan buku ini memiliki pengaruh pada perkembangan kemampuan bahasa sang bayi.

Nah, berikut ini kombinasi gaya membacakan buku yang dapat dilakukan orang tua dan pengaruhnya bagi bayi menurut penelitian Karras dan Braungart-Rieker (2005):

Pertama, gaya “menanyakan nama” atau label-eliciting style. Ayah dan Bunda biasanya menggunakan gaya ini ketika bertanya, “Ini namanya apa?” pada ananda. Bayi pun akan menjawab sesuai kemampuan verbal mereka. Meski jawaban bayi ini berupa bunyi-bunyi yang belum teratur, namun dari latihan menjawab ini, bayi akan memperoleh kemampuan berekspresi atau expressive language.

Kedua, gaya “meminta tunjukkan” atau point-eliciting style. Ini gaya yang Ayah dan Bunda terapkan ketika berkata, “Coba tunjukkan mana apel?” pada ananda. Biasanya, bayi akan asal menunjuk buku. Namun semakin besar, bayi akan semakin paham dan mampu menghubungkan kata “apel” dengan gambar apel di halaman buku. Bayi pun belajar kemampuan memahami bahasa atau receptive language/comprehension.

Ketiga, gaya “menyampaikan informasi” atau information-giving style. Ayah dan Bunda menggunakan gaya ini ketika menyampaikan sesuatu dan bayi menirukannya. Bisa jadi, Ayah membacakan buku tentang kucing dan mengajak bayi mengucap “Ku-cing” dan kemudian mengeong. Dari proses meniru ini, bayi akan membangun kosakatanya. Inilah yang disebut sebagai imitative vocabulary.

Ketiga kemampuan berbahasa ini sangat penting bagi perkembangan kecerdasan bayi anda. Untuk itu, mari Sahabat, kombinasikan ketiga gaya membacakan buku ini saat membaca untuk bayi. Lakukan ini secara teratur, setidaknya sediakan waktu sepuluh menit dalam sehari untuk membaca. Jika Sahabat telah membiasakan membacakan buku untuk ananda, maka bayi akan memiliki bekal kemampuan berbahasa yang baik sekaligus menyukai buku, dua modal yang sangat berharga untuk masa depannya.

 

Karras dan Braungart-Rieker (2005), “Effects of shared parent–infant book reading on early language acquisition”, Journal of Applied Developmental Psychology, March-April 2005, 26(2): 133-148.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *