Menikmati Senja bersama Afifah Afra

Judul novel : Akik dan Penghimpun Senja
Penulis : Afifah Afra
Penerbit : Indiva Media Kreasi
Tahun terbit : 2015
Tebal : 320 halaman

 

Rinanti. Seorang istri dari Ki Gunadi, dukun yang dikenal mempunyai ilmu kanuragan dan sakti. Hingga tak mempan oleh marabahaya dan tempat ajuan pengusaha atau politikus menginginkan karir sukses. Namun untuk memiliki itu semua, Ki Gunadi sejak lama dan sampai berbulan-bulan lamanya bersemedi di sebuah luweng angker sekitar kota Punung. Sekalipun perangai dan kebiasaan ini membuat Rinanti tidak suka.

Sebagai istri, nafkah lahir maupun batin sangat jarang sekali ia dapatkan. Hasil pendapatan suaminya sebagai dukun dan toko barang pusaka dan batu-batu mulia yang ia buka seharusnya lebih dari cukup. Namun, setiap hari ia harus ke pantai Klayar berdagang dan berjalan sejauh 6 km pergi pulang dengan memanggul bronjong berisi penuh kelapa muda untuk menghidupi keluarganya. Juga rasa haus kasih sayang yang menjadikan ia bertanya, “Mencintaikah suami padaku?”

Anton Yosef Maringka. Mahasiswa pemberontak yang terkenal ugal-ugalan dan tak peduli dengan kuliahnya. Ia menyimpan kesepian dan dendam. Sepi dari kasih sayang mama dan papanya serta mempertanyakan, “Mengapa Tuhan sengaja merenggut orang-orang yang aku cintai? Kang Adang, Anya Helga juga Oma Sandria…”

Namun di balik perangainya itu, sahabat-sahabatnya sepecinta alam menghormati dan menyayanginya. Ia adalah sahabat setia juga pemimpin yang bertanggungjawab. Ia menemukan kebijaksanaan dan keluhuran setiap bertualang di alam, terlebih saat menyusuri gua. Bersama Fahira beserta sahabat-sahabatnya -Azhar, Jaka dan Nania- ia melakukan perjalanan untuk kepentingan penelitian, yang kemudian berlanjut menemu obat kesepian dan kekosongan. Menyusuri Luweng Jaran, tempat penelitian yang medannya penuh tantangan. Tempat yang secara tidak langsung mempertemukan dua kehidupan -Rinanti dan Anton- karena menghubungkan dengan gua-gua lain termasuk Luweng angker tempat Ki Gunadi bersemedi. Tempat yang menghubungkan dua kehidupan. Tentu, selain senja di pantai Klayar.

Rinanti dan Anton. Keduanya memiliki kesamaan tentang senja. Sama-sama menjadi penghimpun senja. Keduanya bertemu untuk pertama dan (mungkin) terakhir kalinya di pantai Klayar, pantai yang menyuguhkan perpaduan apik pasir putih, debur ombak, tafon, laguna, blow pipe juga senja itu sendiri. Keduanya mewakili dua kehidupan sang penghimpun senja yang Afifah Afra kisahkan dalam novel ini.

Seperti pada beberapa novel sebelumnya, Afifah Afra membangun karakter-karakter yang kuat dalam novel ini. Ia juga memperkaya kisah dalam novel ini dengan data. Bentang karst dan kekhasan alamnya dilukiskan dengan apik, berupa pegunungan sewu yang membentang dari daerah Bantul, Gunung Kidul, Wonogiri sampai dengan Jawa Timur. Ketajaman kisah juga semakin kentara dengan deskripsi kehidupan pecinta alam, utamanya caver. Mulai dari filosofi, prinsip dan slogan seorang caver serta perlengkapan caving.

Setting pun digambarkan dengan detail seperti bagaimama kekhasan gua dan proses terbentuknya keindahan alam yang ada di dalamnya, terutama Luweng Jaran -gua karst dengan entrance vertikal. Pantai Klayar di Pacitan, sebagai pusat latar kisah ini, mendapatkan perhatian yang serius sehingga pembaca yang belum pernah mengunjunginya akan dapat merasakan pesona tempat ini. Sampul buku yang terkesan mistik, seakan ingin menunjukkan adanya sejarah yang diselewengkan menjadi ritual mistis.

Penulis memilih kata atau perpaduan kata yang kadang kurang lazim digunakan sehingga menambah diksi bagi pembaca. Penulis juga banyak menggunakan perumpamaan untuk mendeskripsikan atau menguatkan tulisan. Namun di sisi lain, penggunaan kata-kata ini mungkin saja membuat sebagian pembaca merasa kisah ini terasa berat dan lambat. Terlepas dari itu, novel ini sarat hikmah dan makna. Tak hanya sekedar menghibur, tetapi juga mengajak untuk berpikir.

Nilai: 8/10

Cocok untuk: remaja, dewasa.

Share

4 thoughts on “Menikmati Senja bersama Afifah Afra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *