Hadiah Istimewa untuk Hasna

I. R. Wulandari
Pengamat pendidikan anak, tinggal di Salatiga

Siapa yang tak senang mendapatkan hadiah istimewa? Tentu semua suka, apalagi anak-anak. Hadiah identik dengan perasaan senang, keberhasilan, dan rasa sayang dari si pemberi kepada penerima. Demikian pula bagi Hasna, anak saya.

Memberi hadiah pada anak tidak harus menunggu ia berulang tahun atau memenangkan sesuatu. Prestasi mereka sehari-hari dapat menjadi momentum untuk memberikan sebuah hadiah. Jadi, Ayah dan Bunda dapat memberikan hadiah yang sudah direncanakan, sesuai kebutuhan ananda. Hanya tinggal mengatur dan mendesain waktu pemberiannya saja agar menjadi hadiah istimewa.

Nah, saya ingin istimewanya hadiah itu bisa menjadi pupuk untuk menyuburkan kecintaan Hasna pada buku, pada membaca, pada ilmu. Caranya dengan memberikan hadiah berupa buku. Sama-sama membelikan buku untuk anak, orangtua memberikannya sebagai hadiah tentu rasanya berbeda! Anak akan lebih bersemangat menerima, lalu bersemangat juga membacanya (atau minta dibacakan).

Cara ini saya praktekkan untuk menanamkan cinta buku pada Hasna. Suatu pagi saya ajak Hasna ke kamar, lalu menunjukkan bungkusan kado. Isinya buku ensiklopedi untuk anak. Saya berpesan, “Ini hadiah buat Hasna, karena sudah pintar bangun nggak pakai nangis. Langsung bangun sendiri dan berdoa. Terimakasih ya, sudah menjadi anak yang sholihah…”

Hasna sangat senang menerima hadiah itu. Dengan penuh semangat, ia membuka bungkus kadonya. Matanya berbinar saat melihat buku yang muncul. Hasna pun jatuh cinta pada bukunya. Seketika, buku itu menjadi buku kesayangan sampai sekarang. Hampir setiap malam Hasna meminta saya membacakan buku sebelum tidur. Ia tidak bosan dan selalu menikmati saat bersama buku tersebut.

Kebiasaan memberikan buku sebagai hadiah pun berlanjut. Saat ada kesempatan memberikan hadiah, saya selalu menjadikan buku sebagai pilihan pertama. Anak-anak senang mendapat hadiah dan saya pun bahagia mereka antusias pada buku. Ini menjadi pengalaman positif bagi anak dalam proses belajarnya sekaligus bagi orang tua dalam mendampingi perkembangan anak.

Nah, bagaimana Sahabat, mau mencobanya di rumah? Berikan hadiah istimewa untuk ananda dan saksikan ia gembira membaca!

Share

2 thoughts on “Hadiah Istimewa untuk Hasna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *