Pasukan Matahari: Mimpi, penghargaan pada diri

Judul buku: Pasukan Matahari
Penulis: Gol A Gong
Penerbit: Indiva Media Kreasi
Tahun terbit: 2014
Tebal: 368 halaman
Harga: Rp 69.000,00

 

Tumbuh di kampung, jauh dari keramaian kota dengan segala keterbatasan, tak menyurutkan mimpi dua belas anak yang selalu mendukung satu sama lain.

Buku ini dibuka dengan kisah kehidupan Doni. Ia sedang bersiap kembali menjumpai anak istri. Sayang, keinginannya itu terbentur perintah bos untuk tetap tinggal. Namun, Doni sudah bertekad. Ia tetap pulang dan memenuhi sebuah janji yang teramat penting. Janji terpenting dalam hidupnya. Janji kepada para sahabatnya. Pasukan Semut. Dan Empat Matahari. Janji untuk bertemu setelah berpisah selama tiga belas tahun.

Pasukan Matahari menggambarkan perjalanan Doni. Mulai dari perjalanannya kembali ke Jakarta. Persiapan bersama keluarga menuju kampung halamannya di Menes, satu kampung kecil di Provinsi Banten. Kisah masa kecilnya, bagaimana Pasukan Semut menjaga persahabatannya. Kebersamaan Doni dalam kelompok Empat Matahari, merajut mimpi melalui keterbatasan ragawi. Pertemuan kembali kedua belas sahabat itu, dalam reuni yang mengharukan dalam perjalanan mendaki Gunung Anak Krakatau.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari kisah Doni ini. Bagaimana kita perlu menghargai orang karena kemampuannya, bukannya mengasihani orang karena keterbatasannya. Bagaimana memberikan semangat yang tepat, yang tidak menjerumuskan pada kesombongan atau malah menjadi rendah diri. Bagaimana mencari solusi dari setiap masalah. Bagaimana bersyukur dan berkomitmen untuk terus saling membantu. Yang paling penting adalah menerima, ikhlas kepada apa yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta, dan terus berfikir positif, kemudian terus berjuang dengan penuh semangat. Luar biasa semangat yang dijalarkan melalui kisah ini. Baca saja, anda akan mengerti.

Pasukan Matahari benar-benar buku yang menarik dan sangat layak untuk dibaca. Bahasanya ringan dan mengalir. Anda akan merasakan suka dukanya Doni dan teman-temannya. Meski kehidupan Doni dewasa di awal cerita berasa biasa saja dan membosankan namun selanjutnya sangat sarat dengan hikmah. Layout tulisannya juga enak dibaca, pas. Satu-satunya kelemahan yang kami temukan mungkin pada tempo yang terasa lambat di bagian awal buku. Lainnya? Tak ada.

Nilai: 8/10
Cocok untuk: remaja, dewasa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *