Baca Buku atau eBook?

Ganjar Widhiyoga
PhD Candidate in International Relations, Durham University, UK

 

Baca buku saat ini sangat terbantu dengan kemajuan teknologi. Tidak perlu repot membawa buku setumpuk; cukup dengan satu iPad/Android/tablet lain, anda sudah dapat membawa ratusan buku dan menikmatinya dengan nyaman. Jika anda seorang pembaca kelas berat, tentu akan merasa sangat terbantu dengan adanya ebook dan ebook reader yang beraneka rupa. Apalagi jika pekerjaan menuntut anda banyak membaca atau merujuk pada buku. Tentu akan lebih mudah memasukkan buku-buku ke dalam tablet daripada ke dalam tas.

Tapi bagaimana kalau untuk mengenalkan budaya baca pada anak? Apakah lebih baik menggunakan buku atau ebook? Untuk yang satu ini, saya merasa buku lebih baik daripada ebook. Saya pernah mencoba menggunakan interactive ebook sebagai teman membaca untuk anak saya tapi hasilnya tidak optimal. Dia justru terganggu dengan fungsi-fungsi sekunder (animasi, permainan jika ada, suara/musik) sehingga tidak khusyuk membaca. Baca buku pun ditinggalkan. Bahkan membolak-balik halaman sepertinya lebih menarik daripada menyimak isi halaman itu sendiri.

Setelah merasa gagal menggunakan ebook untuk anak, saya pun banting setir, kembali pada buku untuk sahabat membaca. Hasilnya, dia lebih fokus. Kalau pun membolak-balik halaman, dia tetap berinteraksi dengan buku, tulisan dan gambar. Tidak tiba-tiba berubah menjadi game atau animasi. Sekarang, dia lebih suka membaca buku daripada ebook.

Mungkin akan tiba saatnya bagi anak saya untuk menggunakan ebook; kelak, ketika dia sudah bisa menikmati membaca tanpa tergoda oleh animasi, game dan aksesoris lainnya yang ada pada sebuah ebook. Saat itu mungkin ia sudah menjadi pembaca yang bijak dan mampu menghargai kelebihan masing-masing, buku maupun ebook.

Bagaimana dengan pengalaman anda? Baca buku atau ebook?

 

Disclaimer: anak saya tetap menggunakan iPad dengan jadwal maksimal dua jam sehari, biasanya untuk menonton Youtube. Acara semacam Charlie and Lola, Octonouts, Super Why dan Numberjacks menurut saya bagus untuk anak. Atau bermain edugames seperti Quarrel yang memadukan merangkai huruf dengan perang-perangan. Jika sudah menggunakan iPad atau komputer di sekolah, tidak lagi menggunakan iPad di rumah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *