Punya Bayi Perempuan? Bacakan Buku!

Sahabat baru memiliki seorang bayi? Selamat! Bayi perempuan? Dua kali selamat! Anak perempuan adalah bidadari bagi setiap keluarga. Ia sangat berharga, lebih daripada berlian yang paling indah sekali pun. Saat ia tumbuh, saksikan perkembangannya laksana mekarnya sekuntum bunga surga.

Nah, Sahabat, tahukah anda, apa yang paling berharga bagi putri anda? Selain asupan ASI dari Ibunda, ternyata anda dapat membacakan cerita pada putri kecil anda sebagai wujud kasih sayang padanya!

Kenapa membacakan cerita untuk sang putri kecil menjadi demikian berharga? Menurut penelitian Karras dan Braungart-Rieker (2005), bayi-bayi perempuan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada bayi-bayi laki-laki saat mendengar bacaan cerita!

Pada penelitian ini, Karras dan Braungart-Rieker melakukan penelitian jangka panjang pada ratusan keluarga. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa anak-anak yang sejak kecil mendapatkan bacaan cerita dari orang tuanya akan mengembangkan kemampuan bahasa dengan lebih baik daripada mereka yang tidak. Penelitian ini lebih lanjut menyampaikan bahwa anak-anak perempuan mendapatkan manfaat lebih besar dari bacaan cerita tersebut dibandingkan anak-anak laki-laki!

Saat orang tua mereka membacakan cerita, bayi-bayi perempuan akan mengembangkan kemampuan menangkap bahasa (receptive language). Bayi-bayi laki-laki juga akan mengembangkan kemampuan ini namun tingkat penangkapan cerita bayi-bayi perempuan lebih kuat dibandingkan pada bayi-bayi laki-laki. Kemampuan ini akan terus menonjol pada perkembangan anak perempuan, bahkan sampai usia mereka menginjak 12 bulan dan 16 bulan. Ini tentu sangat bermanfaat bagi kecerdasan dan perkembangan kemampuan bahasa anak-anak tersebut.

Jadi Sahabat, tunggu apa lagi? Segera ambil buku dan bacakan cerita pada putri kecil anda! Berikan kesempatan pada bayi perempuan mungil itu untuk mendengar curahan kasih sayang dalam suara anda dan tumbuhkan kemampuan berbahasanya sejak dini. Pada saat yang sama, anda pun menumbuhkan cintanya pada buku, membaca dan ilmu! Tentu ini merupakan pemberian tak ternilai harganya dari Sahabat untuk putri tercinta.

Selamat membaca bersama ananda!

Karras dan Braungart-Rieker (2005), “Effects of shared parent–infant book reading on early language acquisition”, Journal of Applied Developmental Psychology, March-April 2005, 26(2): 133-148.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *