Tangkas Membaca di Tujuh Tahun

Bagaimana kemampuan membaca anak yang pas di usia tujuh hingga sembilan tahun? Jawabannya: berbeda-beda untuk setiap anak. Kemampuan membaca ini juga tergantung pada rangsangan membaca yang diberikan orang tua dan budaya membaca di rumah. Namun pada umumnya, anak akan tangkas membaca di usia tujuh hingga sembilan tahun. Yang terpenting adalah bagaimana Ayah dan Bunda membantu ananda untuk terus cinta membaca.

Untuk anak usia 7-9 tahun:

Anak di usia ini sudah dapat membaca, meski mungkin belum sempurna. Dampingi dan beri semangat pada ananda untuk terus membaca. Kembangkan minat baca dan kemampuan penalaran anak. Tanyakan beberapa hal dari buku yang ia baca, semisal “Bagaimana perasaan ibu Malin Kundang?” atau “Kalau menurut Kakak, Malin Kundang salahnya di mana?” Minta ia untuk menebak kelanjutan cerita agar daya imajinasinya berkembang.

Jika anak terlihat enggan untuk membaca, jangan paksa.

Anda dapat menyegarkan minat baca anak dengan bermain teka-teki silang atau permainan kata lain yang menarik bagi anak anda.

Ingat: lebih baik membaca sedikit (satu-dua halaman) tapi sering daripada membaca banyak namun jarang.

Untuk anak usia 9-11 tahun:

Pada usia ini, anak wajarnya telah dapat membaca dengan mandiri, bahkan sudah waktunya untuk tangkas membaca.

Di usia ini, Anda dapat membantu anak anda untuk mengembangkan kemampuan analitiknya dengan menanyakan konsekuensi (misal: “Kalau si pencurinya tidak tertangkap, lalu bagaimana?”) atau membaca hal yang tersurat dalam sebuah cerita (misal: “Kenapa Elsa pergi dari istana?”). Ini akan membuat anak tertarik untuk membaca buku-buku yang lebih menantang dan informatif.

Kenali minat anak anda dan kembangkan minat bacanya dengan memberikan jenis buku yang ia suka. Meski demikian, sesekali hadiahkan jenis buku yang lain untuk menambah pengetahuannya.

Dorong anak anda untuk pergi ke perpustakaan, menjadi anggota book club atau mengikuti lomba yang berhubungan dengan buku. Semakin banyak sahabatnya dalam membaca, akan semakin semangat pula ia! Tangkas membaca pun bukan masalah bagi ananda!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *