Ketrampilan Membaca Anak 3-5 Tahun

Orang tua kadang merasa galau, mengira anaknya terlambat membaca. Sebenarnya ketrampilan membaca anak akan berkembang sesuai usia anak dan rangsangan yang mereka terima dari orang tua. Jika Ayah dan Bunda telah kenalkan buku pada ananda sejak ia bayi, di usia tiga tahun ananda akan memiliki bekal yang cukup untuk mulai mengenal huruf dan membaca.

Berikut panduan dari Oxford Owl yang dikelola oleh University of Oxford. Panduan ini tidak sepenuhnya cocok untuk kita di Indonesia karena bahasa yang berbeda, namun setidaknya dapat menjadi gambaran bagi Sahabat. 

Untuk anak usia 3-4 tahun:

Anak di usia ini sudah dapat menghafal bentuk, termasuk bentuk huruf. Sebelumnya, akrabkan ananda dengan buku. Cara termudah adalah dengan rutin membacakan cerita sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan picture book untuk menumbuhkan cinta buku pada ananda.

Asah kemampuannya dengan mengenalkan bentuk huruf dan cara bacanya pada ananda. Kaitkan satu huruf dengan satu benda yang sering ia jumpai, seperti “G” dengan “gelas”. Ayah dan Bunda dapat menggunakan berbagai permainan untuk mengenalkan huruf.

Jika ananda sudah mengenal semua huruf, coba rangkai beberapa huruf dalam satu kata singkat, seperti “Kaki”, “Kakak” dan sebagainya.

 Untuk anak usia 4-5 tahun:

Anak usia ini sudah dapat membunyikan huruf. Ajak ananda untuk bermain mencari huruf atau kata di halaman yang ia baca. Minta ia untuk membunyikan huruf-huruf di kata tersebut sehingga membentuk satu kata. Misal “emmmm-aaaa-ennnnn-aaaa” untuk “mana”. Bisa pula ajak ananda untuk bermain scrabble atau permainan huruf lainnya. 

Jika anak sudah mahir mencari huruf dan kata, ajak ananda untuk memulai membaca bukunya sendiri. Ingat, jangan paksa anak untuk membaca!

Bagaimana dengan anak-anak yang lebih besar? Apa ketrampilan membaca anak yang pas untuk mereka? Silahkan kunjungi artikel-artikel berikut untuk anak usia 5-7 dan 7-11 tahun.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *