Kemampuan Membaca Anak TK dan SD

Apakah Sahabat merasa ananda terlambat membaca? Jangan panik dulu! Anak-anak mengembangkan kemampuan membaca secara bertahap sesuai rentang usia mereka.

Berikut ini adalah panduan yang diberikan Oxford Owl terkait usia dan perkembangan kemampuan membaca anak usia lima hingga tujuh tahun, setara dengan anak TK dan SD Kelas 1 di Indonesia. Panduan ini juga menjadi dasar penyusunan color code untuk buku anak di Inggris.

Untuk anak usia 5-6 tahun:

Anak usia 5-6 tahun umumnya sedang belajar mengenal huruf dan merangkai kata-kata sederhana. Untuk membantunya mengembangkan kemampuan baca, terus ajak ananda mengenal buku dengan menyenangkan. Ajak ia untuk menceritakan kembali buku yang anda baca atau buku favoritnya. Ajak pula ia menulis kata-kata sederhana seperti nama panggilannya, “Ayah”, “Ibu” dan sebagainya.

Ingat, anak akan senang membaca jika ia merasa nyaman. Jangan paksa anak untuk langsung membaca dengan benar. Kesalahan-kesalahan saat membaca itu wajar bagi anak-anak. Nikmati proses ananda belajar.

Untuk buku, pilih buku dengan satu atau dua kalimat pendek per halaman. Buku dengan kalimat yang banyak dan panjang lebih cocok untuk anak yang sudah lebih nyaman membaca.

Untuk anak usia 6-7 tahun:

Anak usia 6-7 tahun memiliki kemampuan yanb bervariasi, tergantung pada bagaimana perkembangannya di usia 4-5 tahun. Bisa jadi anak masih belum lancar membaca. Jika ini terjadi, bantu ananda dengan mengenalkan buku-buku bergambar dan ajak ia membaca dengan rutin.

Jika anak sudah nyaman membaca, mulai minta ia membaca lebih banyak buku. Kenalkan buku-buku dengan kalimat yang lebih banyak (2-4 kalimat per halaman). Sediakan waktu khusus untuk menemaninya membaca.

Beri penghargaan jika anak sudah menyelesaikan satu buku. Bacaan yang belum sempurna tidak apa selagi anak nyaman dan merasa dihargai kemampuannya. Permainan seperti kuartet akan sangat membantu mengembangkan kemampuan membaca ananda.

Silahkan kunjungi artikel berikut untuk usia 7-11 tahun.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *