Agar Anak Pintar di Sekolah

Siapa yang tidak bangga jika anaknya tumbuh menjadi anak pintar di sekolah? Lihat saja mamanya Ratih. Tentu ia bangga karena Ratih (8 tahun) selalu menjadi bintang di kelasnya. Bukan hanya pandai membaca dan menulis cerita, Ratih juga pandai berhitung.

Banyak orang tua yang menanyakan pada mama dan papa Ratih, apa rahasia keluarga mereka, sehingga Ratih bisa menjadi anak pintar? Apa mama dan papanya Ratih memberikan vitamin dan suplemen khusus untuk Ratih? Atau mungkin Ratih ikut les?

Ternyata, keluarga Ratih tidak melakukan itu semua. Mama dan papa Ratih tidak memberikan vitamin atau suplemen impor, cukup dengan menu bergizi. Ratih juga tidak sibuk ikut les ini dan itu. Yang menjadi rahasia keluarga mereka adalah: mama dan papa Ratih menumbuhkan kebiasaan membaca di rumah sejak Ratih masih kecil!

Apa yang mama dan papa Ratih lakukan ini sejalan dengan penelitian Gottfried, Flemming dan Gottfried (1998). Menurut penelitian tersebut, keluarga yang gemar membaca akan mendorong anak-anak untuk memiliki motivasi akademik yang tinggi. Bahkan, motivasi belajar yang diperoleh anak dari keluarga yang suka membaca lebih tinggi daripada motivasi belajar karena latar belakang sosio-ekonomi (kaya, ada fasilitas dsb)!

Penelitian yang berlangsung sejak tahun 1976 ini mengumpulkan data dari 108 keluarga. Hasil penelitian menyatakan bahwa anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang gemar membaca akan memiliki motivasi belajar, rasa ingin tahu dan kegemaran eksplorasi. Semua ini akan mendukung prestasinya di sekolah dan terlihat saat anak berusia 9-13 tahun.

Bagaimana dengan Sahabat? Apakah Sahabat ingin ananda tumbuh menjadi anak pintar di sekolah dan penuh semangat menuntut ilmu? Jika ya, mari hadiahkan buku untuk ananda dan tumbuhkan kebiasaan membaca di rumah, sebagaimana keluarga Ratih!

 

Disarikan dari Gottfried, Fleming, dan Gottfried (1998). “Role of Cognitively Stimulating Home Environment in Children’s Academic Intrinsic Motivation: a Longitudinal Study”. Child Development, Vol. 69, Number 5, pp. 1448-1460.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *