Kostum Rumahan untuk Book Week

Herlina Siwi Widiana
PhD Candidate in Psychology, Monash University, Australia

 

Untuk merayakan Book Week 2015 pada bulan Agustus lalu, sekolah Hakim mengadakan pesta kostum. Khusus di hari tersebut, anak-anak berangkat sekolah menirukan salah satu tokoh yang mereka sukai.

Sekilas mendengar tentang “pesta kostum”, mungkin yang terbayang dalam benak Sahabat adalah pengeluaran yang menumpuk karena harus ke salon, menyewa atau membeli baju mahal dan sebagainya. Alih-alih membuat anak cinta membaca, aktivitas ini malah membuat keuangan boros dan anak tidak bisa beli buku!

Nah, kami pun tidak ingin kegiatan untuk pekan buku ini malah menjauhkan Hakim dari buku. Karena itu, kami ajak Hakim selalu merayakan pesta ini dengan murah meriah. Caranya, kami membuat sendiri kostumnya!

Untuk tahun ini, Hakim ingin menjadi Ninja Go. Suami saya pun menjadi master ninja (baca: sibuk merancang kostum) untuk perayaan ini. Berkat kreativitas Suami, Hakim pun berangkat ke sekolah sebagai ninja yang gagah. Hasilnya? Ninja Hakim alhamdulillah mendapat penghargaan Best Costume for Boys di kelasnya.

Mau tahu kostum hebat ini terbuat dari apa? Pakaian dasarnya adalah baju koko putih dan celana kain putih. Kemudian suami saya melilitkan kain hitam di badan Hakim. Topeng dan senjata ninja dibuat dari kertas; cukup bermodal kertas, gunting dan selotip, diramu dengan segudang kreativitas dan voilà! Muncullah sang ninja juara!

Sederhana bukan, Sahabat? Anda pun dapat melakukannya di rumah atau di sekolah. Tidak perlu biaya mahal dan waktu berhias yang lama, namun justru dari kesederhanaan itu akan lahir kreativitas kita. Selamat mencoba membuat kostum rumahan yang juara!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *