Jenis-jenis Kecerdasan Anak

Setelah membaca pengalaman Hakim yang bersama rekan-rekan sekelasnya di Australia memetakan kecerdasan mereka, mungkin Sahabat ingin melakukan hal yang sama di rumah. Sebelum berdiskusi dengan ananda, mari kita baca bersama apa saja jenis-jenis kecerdasan itu dan bagaimana penjelasannya.

1. Bodily/Kinesthetic Intelligence adalah kecerdasan anak untuk koordinasi gerak tubuh mereka. Anak yang cerdas dalam hal ini akan pandai berolah raga dan suka bereksperimen.
2. Interpersonal/People Intelligence adalah kecerdasan anak dalam berteman dan memahami perasaan orang lain. Anak yang cerdas dalam hal ini akan suka berteman dan berjiwa pemimpin.
3. Verbal/Linguistic Intelligence adalah kecerdasan dalam memahami dan menggunakan kata-kata, baik secara tulisan maupun lisan. Anak yang cerdas dalam hal ini biasanya pandai menulis dan bercerita.
4. Logical-Mathematical Intelligence adalah kecerdasan dalam menghitung angka dan melihat pola. Anak yang cerdas dalam hal ini akan suka matematika, teka-teki dan misteri.
5. Naturalistic Intelligence adalah kecerdasan dalam mencintai dan menghargai alam. Anak yang cerdas dalam hal ini gemar berpetualang, menyayangi hewan atau senang berkebun.
6. Intrapersonal/Self Intelligence adalah kecerdasan dalam menghargai diri sendiri dan bekerja mandiri. Anak yang cerdas dalam hal ini akan pandai menempatkan diri, mandiri dan pandai merencanakan masa depan.
7. Visual/Spatial Intelligence adalah kecerdasan dalam melihat dan menghubungkan bangun dan ruang, misalnya dalam menggambar, melihat peta, merancang maket dan sebagainya.
8. Musical Intelligence adalah kecerdasan dalam mendengar dan menghargai musik dan nada. Anak yang cerdas dalam hal ini akan suka bernyanyi dan bermain musik.

Nah, untuk cara melaksanakan kuis kecerdasan anak, silahkan baca di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *