Cara Jitu Agar Membaca Seru

Mudah sekali untuk membuat agar membaca seru mengasyikkan; bukan hanya untuk ananda, tapi juga untuk Ayah dan Bunda!



Agar membaca menjadi seru, Sahabat dapat melakukan beberapa variasi saat membaca. Salah satu yang dapat Sahabat ubah adalah suara.

Coba ubah suara anda sesuai karakter yang sedang anda baca. Saat membaca ucapan gadis kecil seperti Red Riding Hood, coba gunakan suara kecil dan imut. Ketika membaca ucapan Serigala, coba beratkan suara anda dan sertai dengan geraman-geraman singkat. Efek suara seperti “ciaaaat, brak, brukkk!!!” juga akan menambah seru cerita petualangan yang anda baca.

Menggunakan tekanan dan jenis suara yang berbeda-beda ini juga bermanfaat untuk menjaga perhatian anak pada cerita. Anak-anak pada umumnya memiliki rentang perhatian yang singkat. Jika Sahabat membacakan cerita dengan monoton, bisa jadi mereka akan kehilangan minat. Namun dengan variasi suara, anak-anak akan tertarik dan terus menekuni jalannya cerita.

Jika ananda ingin variasi, anda dapat mencoba mendongeng dengan bayang-bayang tangan. Selain asyik dan menarik disimak anak-anak, Sahabat juga dapat mengajak ananda untuk membuat dan menceritakan petualangannya. Pasti suasana akan bertambah seru dengan keceriaan mereka.

Selamat berpetualang!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *