Coret Buku: Tak Masalah!

I. R. Wulandari
Pemerhati pendidikan anak, tinggal di Salatiga

 

Saat anak mendapatkan buku baru, kadang yang dilakukan justru mencorat-coretnya. Orang tua mungkin kesal karena menyangka anak tidak menghargai hadiah ini. Tapi tunggu dulu! Bisa jadi kegiatan coret buku ini adalah bentuk interaksi anak dengan bukunya.

Bagi anak yang sudah bisa membaca dan memahami isi buku, tentu saja interaksinya dengan buku adalah membacanya. Namun bagi anak yang belum dapat membaca, kita perlu memberikan kesempatan padanya untuk mengeksplorasi buku yang tengah dibacanya.

Buku aktivitas biasanya menyediakan ruang untuk menulis, menebalkan huruf atau menggambar. Buku cerita kadang tidak menyediakan ruang kreasi ini. Tapi tak ada salahnya sesekali membiarkan anak memberikan sentuhan (baca: coretan) pada buku bacaannya sendiri. Setelah selesai, kita dapat menanyakan atau meminta anak menceritakan apa yang ia lakukan dengan bukunya. Kita akan mendapatkan jawaban tak terduga!

Di balik kegiatan anak corat-coret ini, bisa jadi ada banyak interaksi mental yang sedang ia lakukan. Proses berpikir, memahami dan memberikan respon bisa jadi berlangsung terus, seiring dengan goresan pensil atau penanya. Proses mental ini dapat kita perhatikan dari perkembangan corat-coretnya. Awalnya mungkin hanya coretan benang kusut namun lambat laun akan berkembang sesuai kemampuannya menulis.

Mengingat hal tersebut, saya membiarkan putri sulung saya, Hasna (3,5 tahun) untuk mencoret Teman Baru yang ia dapatkan. Saya arahkan ia untuk menirukan huruf-huruf yang ada di buku. Untung Teman Baru ini memiliki desain huruf yang besar dan ada tempat luang di sampingnya untuk Hasna menulis. Perlahan seiring bertambahnya coretan, Hasna jadi hafal bentuk-bentuk huruf dan bunyinya. Tentu ini menggembirakan bagi saya dan Hasna. Kami pun belajar membaca dan menulis dengan gembira!

Bagaimana dengan Sahabat? Apakah pernah menyaksikan ananda asyik coret buku? Jika ya, mari gunakan kesempatan itu untuk mengajak ananda berlatih menulis dan berinteraksi dengan bacaannya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *