Australia Book Week

Herlina Siwi Widiana
PhD Candidate in Psychology, Monash University, Australia

 

Australia memiliki cara unik untuk membuat anak cinta membaca. Setiap tahun, pemerintah dan masyarakat Australia mengkampanyekan cinta baca dengan merayakan Book Week. Perayaan Book Week ini rutin digelar sejak tahun 1945. Di pekan khusus ini, semua sekolah dan perpustakaan di Australia mengadakan festival dan kegiatan-kegiatan unik yang bertujuan mendekatkan anak-anak pada buku dan penulis buku Australia.

Pada tahun 2015, Australia Book Week dirayakan pada 22-28 Agustus silam. Pada tahun 2015 ini perayaan menjadi semakin istimewa karena bertepatan dengan 70 tahun perayaan Book Week. The Children’s Book Council of Australia menentukan tema Books light up our world untuk perayaan tahun 2015 ini.

Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang biasanya diselenggarakan selama Book Week, mulai dari kunjungan penulis ke sekolah-sekolah, anugerah untuk buku dan penulis terpuji sampai ke pesta kostum tokoh buku.

Acara pesta kostum ini yang biasanya paling digemari anak-anak dan paling efektif untuk membangkitkan cinta buku pada anak-anak. Ini terjadi karena dengan membuat kostum dan memakainya, anak-anak jadi merasa dekat dengan tokoh tersebut, mengidentifikasikan diri mereka dengannya dan merasa menjadi bagian dari cerita. Hal-hal tersebut menguatkan ikatan anak pada buku dan mendorongnya untuk semangat membaca.

Di Indonesia juga ada Hari Buku Nasional tiap 17 Mei. Tahun depan, sekolah, perpustakaan dan komunitas di Indonesia perlu merayakan Hari Buku dengan lebih asyik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan cinta buku pada anak-anak Indonesia.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *