Bonding with Books pada Ananda

Bonding with books? Apakah itu?

Nah, mari coba cermati: apakah ananda suka minta dibacakan buku yang itu, itu saja? Diulang terus, sehari bisa beberapa kali? Kita sebagai orang tuanya yang membacakan bosan tapi ananda terus bersemangat menyimak kata demi kata?

Jika ya, itulah bonding with books. Itu menunjukkan, ananda sedang membangun “ikatannya” dengan sang buku. Turuti saja keinginannya. Ikatan yang kuat dengan satu buku akan membantu anak untuk menyukai buku-buku lain.

Selain itu, menurut penelitian Center for Early Learning Literacy (CELL), anak usia pra-sekolah yang terus-menerus dibacakan satu buku akan mendapatkan manfaat dari kegiatan “read and repeat”┬átersebut. Anak akan menghafal kata-kata, memahami cara membaca yang baik dan perlahan berpindah dari “pendengar” ke “pembaca”. Berdasarkan pengalaman ini, CELL kemudian mengembangkan metode Read and Repeat untuk melatih anak membaca dengan menyenangkan.

Untuk menguatkan ikatan anak dengan bukunya, Sahabat dapat membuat aneka aktivitas kreatif dengan menggunakan tema atau cerita buku tersebut. Sahabat misalnya dapat membuat boneka dari kertas dan stik es krim, kemudian mengajak ananda untuk menceritakan kembali isi buku kesayangannya. Atau, buat kostum seperti tokoh dalam buku tersebut dan ajak ananda serta teman-temannya untuk bermain drama singkat bersama. Kegiatan-kegiatan ini akan membuat ananda semakin menikmati membaca.

Jadi, jangan bosan membacakan buku kesayangan ananda! Terus turuti, sampai ia sendiri yang berpindah dari buku tersebut ke buku lainnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *