Agar Anak Laki-laki Membaca

Anak laki-laki membaca buku? Tidak perlu!

Pendapat seperti ini kadang dianggap wajar. Anak laki-laki seakan “boleh” jika tidak suka membaca dan hanya¬†menyukai aktivitas fisik. Namun, benarkah pendapat ini?

Sebenarnya, anak laki-laki dan perempuan sama-sama harus suka membaca karena membaca akan sangat bermanfaat bagi mereka. Hanya saja, kadang orang tua perlu kiat khusus untuk mendorong anak laki-laki suka membaca.

1. Pujian
Anak laki-laki sangat haus pujian dan penghargaan. Untuk itu, selalu berikan pujian jika ia mau membaca. Selain pujian verbal dari Ayah dan Bunda, perlu juga memberikan hadiah sebagai penghargaan atas prestasinya membaca. Hadiah ini tidak harus mahal! Sahabat dapat membelikan stiker sebagai hadiah menyelesaikan satu buku atau mengajak jalan-jalan karena rutin membaca selama sepekan.

2. Dialog
Dengarkan dia dan mengobrol bersamanya. Tunjukkan ketertarikan pada aktivitasnya dan ajak dia berdiskusi. Tanyakan buku apa yang ia baca, dengarkan ceritanya tentang buku itu dan apakah ia suka atau tidak dengan temanya.
Jika ananda bertanya tentang sesuatu, ajak ia untuk mencari jawabannya bersama-sama di buku. Ini akan mengajarkan pada anak, bahwa buku menyimpan segudang informasi yang penting untuknya.

3. Keteladanan Ayah
Apa yang ayah lakukan sangat penting bagi anak laki-laki. Untuk itu, jika ingin anak laki-laki membaca, Ayah harus memberi contoh dengan banyak membaca pula. Ayah perlu memberikan waktu khusus dan membaca bersama ananda. Jika ada keteladanan dari ayah, anak laki-laki cenderung akan meniru sang ayah. Maka, jangan tunda, Sahabat! Segera ambil buku dan membacalah bersama ananda!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *