7 Kiat Anak Membaca dari Jean Gross

Apakah Sahabat ingin tahu cara menyenangkan mengajari anak membaca? Berikut kiat-kiat dari Jean Gross, seorang ahli pendidikan dari Inggris, untuk mengajari anak membaca dengan menyenangkan:

1) Dukung minat baca anak dengan hadiahkan buku-buku anak yang menarik dan sesuai minat mereka.

2) Selalu bersikap positif! Jika anda cemas atau menekan anak untuk segera bisa membaca, itu hanya akan membuat anak tertekan dan kesulitan membaca.

3) Luangkan waktu untuk membaca bersama ananda! Cara yang paling baik untuk mengajak anak membaca adalah dengan membaca bersamanya.

4) Bangun rasa percaya diri ananda dengan memintanya membaca kemudian pujilah bacaannya! Jangan pusatkan perhatian anda pada kesalahannya, namun selalu pusatkan pada keberhasilannya membaca!

5) Ketika anak kesulitan membaca, sabarlah dalam membimbingnya. Ucapkan kata tersebut perlahan (misal: bbbbuuuuukkkuuuuu) sambil jari anda menunjuk ke hurufnya, agar ananda terbantu.

6) Yakinkan pada anak (dan pada diri anda) bahwa ananda tidak bodoh! Jika anda merasa anak anda bodoh, maka anda sudah menghalangi anak anda untuk maju. Selalu yakinkan diri anda dan ananda, bahwa ia adalah anak yang cerdas dan memiliki kelebihan.

7) Banyak bermain yang mendorong membaca atau mengucap sesuatu. Silahkan kunjungi bagian permainan untuk mendapatkan ide jenis-jenis permainan yang akan membantu ananda belajar membaca!

Nah, Sahabat, mari terapkan kiat-kiat ini di rumah! Mari tumbuhkan cinta baca pada keluarga dan bentuk keluarga pembaca di rumah anda. Jika budaya baca telah tertanam maka ananda dengan sendirinya akan gemar membaca!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *