3 Cara Melatih Anak Menulis

Apakah Sahabat sedang bingung karena ananda malas membaca dan menulis? Atau ingin tahu bagaimana cara melatih anak menulis yang menyenangkan?

Membaca dan menulis sebenarnya aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak. Di artikel sebelumnya, ada kiat-kiat menarik yang dapat Sahabat lakukan agar ananda bersemangat membaca. Kini, mari kita bahas tiga kiat mengajarkan menulis pada anak:

1. Kenalkan bentuk

Sebelum mengajak menulis, mari ajak anak untuk mengenal bentuk terlebih dahulu. Mengenal bentuk-bentuk bangun sederhana dan berlatih menggambarkannya merupakan kemampuan dasar yang akan membantu anak untuk dapat lancar menulis.

Jika anak sudah bisa membedakan aneka bentuk, insya Allah akan mudah baginya untuk membedakan huruf, dan kemudian melakukan aktivitas membaca dan menulis.

Lembar latihan seperti di atas dapat membantu anak untuk mengenal dan membedakan bentuk. Sahabat dapat memperbanyak lembar di atas dan mengajak ananda menggambar ulang, mewarnai atau memotong dan menempelkan bentuk-bentuk tersebut. Ananda akan belajar sambil bermain!

2. Kenalkan huruf

Setelah ananda mengenal bentuk, mulai kenalkan huruf satu persatu padanya. Gunakan permainan untuk mengenalkan huruf pada ananda. Sahabat perlu ingat bahwa anak-anak biasanya suka bermain dan bernyanyi. Untuk memudahkan mereka belajar mengenal huruf, mari gunakan juga permainan dan nyanyian!

3. Ajak menulis

Untuk melanjutkan latihan mengenal huruf bersama ananda, Sahabat dapat membuat lembar tracing seperti di bawah ini. Lembar-lembar ini dapat Sahabat peroleh di dunia maya, membeli di toko buku atau membuatnya sendiri.

Jika ingin membuat sendiri, sertakan pula gambar-gambar yang diawali dengan huruf tersebut sehingga ananda lebih mudah mengingat huruf apa itu. Agar lebih seru, saat tracing gunakan pensil/spidol aneka warna. Biarkan ananda menulis dan mewarnai lembarannya. Pasti ia suka dan minta lagi, lagi dan lagi!

Nah, setelah ananda lancar menulis dengan kertas tracing ini, Sahabat dapat mengajak ananda untuk terus berlatih menulis. Coba buat tantangan bagi ananda dan berikan hadiah sederhana saat ia berhasil menjalankannya. Ajak pula ananda membuat bukunya sendiri. Pasti ia akan bangga dengan hasil tulisannya!

Bagaimana, Sahabat? Kiat melatih anak menulis yang tersajikan di sini mudah dan murah untuk diterapkan, bukan? Tunggu apa lagi, yuk segera ajak ananda untuk giat berlatih bersama!

Share

2 thoughts on “3 Cara Melatih Anak Menulis

  • January 27, 2016 at 10:00 am
    Permalink

    Bagaimana jika anak malas belajar menulis, menulis di kertas tracing kadang membuat anak cepat bosan dan capek.

    Reply
    • January 28, 2016 at 12:23 am
      Permalink

      Terima kasih sudah berkunjung, Kak Aditya. Coba dibuat lebih seru, Kak. Misal kertas tracingnya dibuat seperti peta harta karun dan kalau menemukan dapat hadiah kecil seperti wafer atau stiker.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *