3 Hal Ayah-Anak Harus Lakukan

Selain duduk membaca bersama ananda, kegiatan Ayah anak apa yang dapat Sahabat lakukan untuk menanamkan gemar membaca pada anak?

1. Bercerita

Ayah dapat mendongeng untuk anaknya. Jika merasa kurang terampil dalam mendongeng, Ayah dapat menceritakan kejadian nyata yang ia alami, baik kejadian di masa kecil atau yang baru saja terjadi. Saat seorang ayah menceritakan dongeng atau kejadian yang ia alami, ia sedang membentuk ikatan dengan ananda. Bagaimana ia bersikap dan berpikir juga akan tersampaikan secara halus kepada ananda.

Sesekali, bertanyalah pada ananda. Tanyakan pendapatnya tentang kisah tadi, apa yang akan ia lakukan jika itu terjadi padanya dan sebagainya. Ini bukan untuk mencari jawaban yang “benar”, namun akan bermanfaat untuk melatih daya berpikir kritis pada ananda.

2. Menanyakan kegiatannya

Sepulang kerja, saat makan malam atau bersantai, tanyakan apa yang terjadi hari ini. Apa yang ia lakukan? Dengan siapa ia bermain? Apa perasaannya?

Selain mengetahui perkembangan anak, ini juga bermanfaat untuk melatih kemampuan anak membangun narasi. Kemampuan ini penting bagi perkembangan komunikasi ananda. Semakin pandai anak bernarasi, semakin terampil pula ia menyampaikan pendapatnya. Siapa tahu, putra dan putri Sahabat akan menjadi ahli pidato atau pemenang lomba debat!

3. Membaca setiap saat

Sedang jalan-jalan di luar? Ajak anak membaca tanda penunjuk arah. Ajak anak membaca menu makanan. Ajak anak membaca peta. Kebiasaan Ayah-anak ini sederhana namun akan menanamkan pada anak ada banyak hal yang dapat ia lakukan kalau bisa membaca!

Share

2 thoughts on “3 Hal Ayah-Anak Harus Lakukan

  • November 4, 2015 at 2:28 am
    Permalink

    nek anake belum bisa mbaca, gmna tu om?

    Reply
    • November 4, 2015 at 7:42 am
      Permalink

      Kalau belum usia 5 tahun, terus dibacakan cerita saja Kak Abu Khalid. Kalau sudah usia 5 tahun, mulai diajak bermain huruf dan membaca bersama.
      Silahkan baca link ini untuk kemampuan baca anak balita. Kunjungi juga link ini untuk ide permainan edukatif yang sederhana tapi seru!

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *