Memetakan Kecerdasan Anak

Herlina Siwi Widiana
PhD Candidate in Psychology, Monash University, Australia

 

Kita mungkin sudah mengenal ada banyak jenis kecerdasan anak. Namun ternyata, di Australia anak-anak SD pun dikenalkan dengan jenis-jenis kecerdasan anak ini dan diminta untuk menilai diri mereka sendiri. Saat Hakim duduk di kelas 3 SD di Melbourne, gurunya mengajak siswa sekelas untuk bersama-sama menggali kecerdasan apa saja yang mereka miliki. Kegiatan ini tentu bermanfaat agar anak lebih mengenal diri mereka dan potensi yang mereka miliki.

Cara menjalankan tes psikologi untuk memetakan kecerdasan anak ini sangat gampang. Sebelumnya sang guru menjelaskan tentang jenis-jenis kecerdasan anak dengan bahasa sederhana, seperti cerdas dalam bidang “nature” berarti suka binatang, berkebun dan sebagainya. Kemudian, guru menyediakan kartu-kartu berisi kalimat singkat dan kode warna. Anak-anak diminta memilih kartu yang pas dengan diri mereka. Selanjutnya, anak-anak diminta menghitung jumlah kartu dalam satu kategori warna. Itulah poin dalam kategori tersebut. Kategori yang memiliki nilai besar adalah jenis kecerdasan yang menonjol dari sang anak.

Hakim menceritakan kegiatan ini saat pulang sekolah. Dengan bangga, ia menyampaikan apa saja kecerdasan yang ia miliki dan bagian-bagian mana yang menonjol. Untuk saat ini, Hakim memang menonjol di kemampuan logika dan matematika dan kurang tertarik dengan musik. Setelah mengetahui peta kecerdasan Hakim, kami pun mulai membuat rencana bersama untuk mengembangkan tipe-tipe kecerdasan lainnya pada diri Hakim.

Memetakan kecerdasan anak ini langkah yang penting untuk dilakukan oleh orang tua dan para guru. Dengan mengetahui kecerdasan unggulan anak, orang tua dan guru dapat merancang program untuk mengasah keunggulan tersebut sekaligus program-program sampingan untuk menguatkan jenis kecerdasan lainnya. Dalam merancang program ini perlu juga memperhatikan minat dan keinginan sang anak karena sejatinya anak-anaklah yang akan menggunakan kelebihan ini di masa depan mereka.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *