Color Band: Warna Tingkat Baca di Inggris

Pola pengajaran membaca di Inggris menitikberatkan pada interaksi siswa dengan buku. Di setiap ruang kelas terdapat rak-rak berisi buku anak yang dapat digunakan bebas oleh para siswa. Tentu bukan sembaranban buku yang disediakan, melainkan yang sesuai tingkat baca siswa-siswi kelas tersebut.

Buku-buku yang tersebar di banyak rak ini membuat para siswa bisa ambil dan baca sesuka hati. Setiap akhir pekan, sejak di tingkat Reception, setara dengan TK Nol Besar di Indonesia, siswa-siswi mendapat pinjaman buku cerita untuk dibaca di rumah bersama orang tua.

Buku-buku cerita ini memiliki tahapan baca sesuai dengan tingkat kemampuan membaca siswa. Bagusnya pola pengajaran membaca di Inggris, ada tahapan baca yang didesain sesuai perkembangan rata-rata anak. Untuk anak yang baru belajar membaca, buku-buku tersebut berisi sedikit kata-kata. Satu halaman berisi satu-dua kata. Di tahap baca berikutnya, jumlah kata meningkat menjadi satu kalimat di tiap halamannya. Pada tahap selanjutnya, kembali meningkat menjadi dua-tiga kalimat, dengan kata-kata yang sederhana.

Anak-anak di Inggris belajar mengenal huruf sejak TK Nol Kecil, atau pada usia tiga/empat tahun. Mereka mulai belajar merangkai huruf dan membaca pada usia empat/lima tahun, saat duduk di Reception yang setara dengan TK Nol Besar. Siswa-siswi ini akan mengikuti tes kemampuan membaca nasional di akhir Kelas 1. Pada saat itu, mereka diharapkan telah dapat membaca dengan lancar kata-kata sederhana yang umum dijumpai dalam bahasa Inggris. Pada kenyataannya, di akhir Kelas 1 ini tingkat baca sebagian besar siswa memuaskan, ditandai dengan mereka mampu membaca buku dengan lancar.

Salah satu tahapan baca yang banyak dipakai untuk membantu siswa-siswi belajar membaca adalah Oxford Reading Tree. Setiap tahapan disimbolkan dengan kode warna atau color band. Buku-buku tahap pertama memiliki kode warna ungu, biasanya digunakan untuk anak usia 4-5 tahun. Selanjutnya pink dan seterusnya sampai kode warna putih dan lime untuk anak usia 7-8 tahun. Adanya tahapan dengan kode warna ini sangat membantu guru dan orang tua dalam memilihkan bacaan sesuai kemampuan anak.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *