80 Days: Perjuangan Kemerdekaan!

Ketika Sahabat Membaca pertama kali memainkan 80 Days, langsung terpikir rute keliling bumi ini harus melewati Indonesia. Dalam 80 Days, Indonesia diwakili oleh Batavia. Menurut informasi yang dikumpulkan Passepartout, karakter dalam permainan/novel ini, sejak dari Paris, rute yang paling umum menuju Batavia adalah melewati Eropa, Kairo, Suez, kemudian berlayar menyusuri semenanjung Arab, India hingga tiba di Singapura kemudian ke Batavia.

Tapi karena ingin dapat untung dari jualan, ia justru terdampar di Rusia (dan gagal menjual barang itu karena tidak menemukan rute ke Berlin!). Untung dari Rusia ada rute dadakan: menumpang pasukan robot automata Rusia yang hendak menyerbu India. Harapan ke Batavia pun kembali menyala! (Ini yang membuat 80 Days jadi sangat menarik untuk dimainkan/dibaca. Ada banyak kejutan dalam gamebook ini!)

Sampai di Singapura, banyak orang mengingatkan agar tidak usah ke Batavia. Situasinya sedang tidak aman, katanya. Tapi demi impian, Passepartout tetap nekad naik kapal uap ke Batavia. Sampai di sama, kondisi memang tidak aman. Para pejuang kemerdekaan yang dimotori prajurit-prajurit Kesultanan Aceh sedang mengobarkan perlawanan terhadap penjajah Belanda. Hanya selang beberapa jam setelah Passepartout menginjak Batavia, tiba-tiba ada ledakan besar. Pejuang kemerdekaan ternyata meledakkan salah satu gedung utama milik Belanda!

Tidak hanya menjadi saksi perjuangan kemerdekaan, Passepartout juga menyelamatkan seorang pejuang kemerdekaan dari kejaran tentara Belanda dan membantu menyelundupkan sepasukan pejuang bersenjata. Atas jasa-jasanya, ia mendapatkan bendera Kesultanan Aceh sebagai tanda persahabatan dari penduduk Batavia! Sayang Passepartout harus melanjutkan perjalananannya keliling dunia.

Untuk membeli gamebook ini, Sahabat dapat mengunjungi AppStore, Google Play, Steam, GOG atau situs developernya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *