Tunda Kenalkan Huruf ke Ananda!

Tina, 5 tahun, adalah anak yang periang. Ia suka sekali membaca majalah anak-anak. Setiap pulang dari TK, ia selalu menuju tumpukan majalah anak-anak di rumahnya. Ayahnya sengaja menyediakan tumpukan majalah itu di rumah agar Tina bisa bermain-main dengannya. Tak heran, di kelas Tina termasuk siswa yang cerdas dan cepat belajar. Ia juga aktif berkomunikasi dan bertanya pada guru dan kawan-kawannya di kelas.

Sejak kecil, Ayah dan Bunda Tina terbiasa untuk membacakan cerita-cerita pendek yang terdapat dalam majalah anak-anak. Awalnya, Tina tertarik dengan warna dan gambarnya saja. Namun, lama kelamaan ia mulai menikmati setiap cerita dan penasaran akan cerita-cerita yang lainnya. Hal inilah yang mendorong Tina untuk belajar membaca.

Menurut penelitian Sénéchal dan LeFevre (2002), anak-anak yang mengenal buku (dibacakan cerita oleh orang tuanya) sejak TK akan memiliki kemampuan membaca yang lebih baik daripada anak-anak yang mengenal huruf (diajari membaca oleh orang tuanya) sejak TK. Ini berarti, orang tua perlu menunda mengajari anak mengenal huruf dan belajar membaca. Yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah secara rutin membacakan cerita dan buku pada anaknya.

Penelitian Sénéchal dan Fevre (2002) juga menyatakan bahwa semakin anak berteman dengan buku maka akan semakin kuat kemampuan bacanya.

Nah, apakah sahabat ingin memiliki anak seperti Tina? Jika ya, maka tunda kenalkan huruf ke ananda. Mulailah dengan menumbuhkan rasa cintanya pada buku. Awali dengan membiarkan ia bermain dengan buku, corat-coret dan menggambar. Setelah itu, bacakan cerita untuknya dan buat banyak kegiatan menyenangkan lain terkait buku. Baru ajari ia membaca.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari bacakan buku untuk ananda! Juga, sediakan bacaan bermutu untuk ananda di rumah!

 

Penelitian: Sénéchal dan LeFevre (2002), “Parental Involvement in the Development of Children’s Reading Skill: a Five-year Longitudinal Study”, Child Development Vol. 73, No. 2 (Maret/April 2002).

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *