Reading For Pleasure: Ayo Gemar Membaca

Sahabat, tahukah kalau saat ini di Inggris, Amerika Serikat dan Eropa sedang berkembang gerakan untuk memasyarakatkan reading for pleasure? Nah, apa itu?

Reading for pleasure adalah kegiatan membaca yang dilaksanakan secara suka rela dan mandiri karena ingin mendapatkan kenikmatan dari membaca buku.

Ada banyak cara untuk menumbuhkan kegemaran membaca yang dilakukan di negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Cara pertama dan utama adalah dengan merayakan kegiatan membaca. Anak-anak mendapatkan hadiah buku, merayakan pesta kostum dan aneka kegiatan seru lain untuk mendekatkan mereka pada buku.

Cara kedua adalah dengan memberikan banyak tugas membaca pada murid. Bisa jadi pada awalnya mereka membaca karena tugas namun kebiasaan membaca ini akan terus berlanjut karena para siswa tersebut menemukan kesenangan dalam membaca.

Intinya, membaca yang bukan paksaan, bukan karena tugas namun karena gemar membaca!

Berdasarkan aneka penelitian yang dirangkum oleh Departemen Pendidikan Inggris, Mei 2012, reading for pleasure memiliki manfaat yang sangat banyak, di antaranya meningkatkan prestasi akademik, mengembangkan kecerdasan dan emosi anak serta menumbuhkan kreativitas.

Agar anak-anak Indonesia tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas dan kreatif maka mari kita tumbuhkan budaya cinta dan gemar membaca bersama-sama. Alih-alih memaksa anak membaca dan menumbuhkan trauma, mari kita pupuk kecintaan anak pada membaca dengan berikan keteladanan di keluarga dan penghargaan pada mereka.

Nah, Sahabat membaca, mari bangun Indonesia Gemar Membaca!

Laporan lengkap Department of Education UK tentang “Reading for Pleasure” dapat diunduh pada link berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *