Membuat Buku Jadi Istimewa

Membuat buku menjadi istimewa, bagaimana caranya?

Sahabat mungkin berpikir anak-anak kan bosan kalau bertemu buku. Buku lagi, buku lagi. Itu mungkin yang terbayang. Tapi benarkah demikian? Teryata itu sangat tergantung pada bagaiman Ayah dan Bunda mengenalkan pada ananda! Mudah sekali untuk membuat buku jadi istimewa di mata ananda. Berikut beberapa kiat yang dapat kita praktekkan sehari-hari:

1) Jadikan sebagai hadiah.
Merayakan ulang tahun? Kenaikan kelas? Atau ananda rajin membantu di rumah? Berikan buku sebagai hadiahnya! Dengan sering menerima hadiah buku, ananda akan tahu bahwa buku itu istimewa. Tidak harus yang mahal namun pastikan untuk memberikan di kesempatan istimewa. Sampaikan pada ananda, bahwa buku ini diperoleh berkat kerja kerasnya membantu membereskan rumah dan sebagainya.

2) Bungkus dan hiasi sebelum diserahkan.
Anak-anak suka membuka kado. Maka, istimewakan buku hadiah anda dengan membungkusnya terlebih dahulu atau mempercantiknya dengan pita dan hiasan lain. Tidak usah terlalu rumit membungkusnya, cukup degan kertas kado lucu dan pita yang menarik akan membuat ananda menyukai buku tersebut.

3) Biarkan ananda memilih.
Untuk anak yang sudah lebih besar, ajak ananda ke toko dan biarkan ia memilih buku yang ia sukai. Anda dapat saja mengarahkan namun selalu beri peluang pada ananda untuk memilih. Misal, “hadiah kali ini buku tentang binatang ya. Kakak mau beli yang tentang Lumba-lumba atau tentang Singa dan Serigala?” Meski mungkin kali ini hadiahnya tidak dibungkus, namun karena itu pilihannya sendiri, ananda akan menilai buku jadi istimewa.

4) Akrablah dengan buku.
Sediakan waktu untuk membaca bersama setiap hari. Tidak perlu lama. Cukup 10 menit bercerita dan membaca bersama setiap hari akan menumbuhkan kecintaannya pada buku.

5) Puji ananda pujilah setiap interaksi mereka dengan buku.
Masih ada bacaan yang salah? Tidak apa! Puji bacaan yang sudah betul.
Sukanya melihat gambar saja? Tidak apa! Sambil melihat gambar, anda dapat bercerita tentang kisah di buiu tersebut.
Saat membaca, jangan lupa gerakkan telunjuk anda ke teks buku, agar perhatian ananda perlahan beralih ke tulisan.

Nah, bagaimana sahabat? Siap menjadikan buku jadi istimewa di mata ananda?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *