Melatih Kreativitas dengan Independent Playtime!

Semua orang tua tentu ingin anaknya tumbuh kreatif dan cerdas. Tapi, bagaimana cara melatih kreativitas anak? Apakah perlu kursus, les atau kelas tertentu? Ternyata, Sahabat dapat melatih kreativitas ananda dengan metodeĀ Independent Playtime! Nah, apa itu?

Independent Playtime adalah waktu tertentu saat anak kita minta untuk bermain sendiri dan mengembangkan kreativitas mereka. Untuk anak yang masih kecil bisa seperempat jam sedangkan untuk balita ke atas bisa sampai satu jam. Tentu, kita harus pastikan dulu ruangan dan mainan mereka aman (tidak ada benda tajam, benda yang terlalu kecil sehingga bisa ditelan dan membuat tersedak dsb).

Anak-anak di Inggris yang sekolah di Nursery dan Reception (setingkat TK Nol Kecil dan Nol Besar di Indonesia) juga memiliki sesi bebas yang sering disebut sebagai Choosing Time. Tidak main-main, anak-anak mengawali sekolah mereka dengan choosing time! Para guru biasanya memberikan waktu lima belas menit di pagi hari pada anak untuk bebas kreatif memilih mainan mereka. Setelah itu, anak-anak dikumpulkan ke grup masing-masing untuk belajar bersama. Setelah satu sesi belajar terstruktur usai, anak-anak kembali mendapatkan sesi choosing time. Mereka pun bertebaran di seluruh penjuru kelas dan asyik bermain apa yang mereka suka.

Aktivitas anak selama independent playtime ini menjadi perhatian guru. Jika anak langsung aktif memilih sendiri mainannya atau bermain bersama kawannya, para guru akan menilai anak tersebut memiliki inisiatif dan kreativitas yang bagus. Jika anak masih terlihat malu atau diam saja, para guru akan mengajak mereka berkeliling kelas dan mengenalkan beberapa jenis mainan. Harapannya, anak akan tertarik dan memilih sendiri mainannya.

Sahabat juga dapat menerapkan strategi ini di rumah. Beri anak sesi Independent Playtime. Bebaskan ananda bermain dan mengembangkan kreativitas mereka. Waktu bermain mandiri ini juga akan membuat anak bertambah dewasa dan percaya diri karena mereka harus menyelesaikan masalah sendiri.

Sambil melatih kreativitas ananda, jangan lupa, tebarkan beberapa buku di tempat bermain, sehingga mereka tertarik untuk memungutnya dan membaca!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *