Ayah, Ayo Membaca Bersama!

Ayah, sudah pernah membacakan cerita untuk ananda belum? Biasanya, acara membaca bersama anak merupakan tugas para ibu di rumah. Betul demikian? Padahal, anak-anak sangat membutuhkan kedekatan dan teladan dari ayahnya lho!

Terlebih, ada sebuah riset yang menekankan pentingnya peran Ayah membacakan cerita untuk ananda. Riset yang dilakukan oleh Elizabeth Duursma ini menunjukkan bahwa anak-anak yang dibacakan cerita oleg ayahnya sejak bayi akan memiliki kecerdasan bahasa yang lebih bagus daripada rekan-rekan sebayanya. Kecerdasan bahasa ini tampak sejak sang anak berusia 2 tahun dan semakin kuat ketika berusia 3 tahun.

Lebih menarik lagi, penelitian yang menggunakan subyek sejumlah 3000 keluarga ini melihat bahwa kemampuan bahasa yang anak peroleh lebih dipengaruhi oleh peran Ayah membacakan buku daripada peran Ibu! Wow, menarik sekali, bukan!?

Ada beberapa penjelasan yang ditawarkan oleh penelitian ini. Pertama, melihat ayah membaca menjadi teladan bagi anak-anak sehingga mereka lebih bersemangat membaca. Kedua, saat membaca, para ayah biasanya berbicara dan bercakap dengan ananda melebar dari tema buku. Obrolan asyik dengan ayah inilah yang membuat anak-anak terpicu dan mengembangkan kemampuan bahasanya. Jika Ayah membaca dengan ekspresif, maka ananda pun akan terhibur. Suara Ayah yang lantang tentu lebih mantap saat membacakan kisah raja yang bijaksana atau pahlawan pemberani.

Kedekatan yang terbangun antara seorang ayah dengan anak-anaknya sangatlah penting untuk selalu dijaga. Ketika Ayah membacakan cerita, ada ikatan yang terbangun dengan ananda. Ada pula proses mengembangkan kemampuan bahasanya. Ada juga proses mengajarkan nilai-nilai, ajaran agama dan tata krama pada ananda.

Jadi, Ayah, ayo mari membaca bersama ananda! Sesibuk apapun hari ini, secapek apapun rasanya, selalu berikan waktu untuk ananda! Seperti kata pepatah: seorang ayah hendaknya menjadi cinta pertama putrinya dan pahlawan terhebat bagi putranya!

 

Duursma, Elizabeth. (2014). “The effects of fathers’ and mothers’ reading to their children on language outcomes of children participating in Early Head Start in the United States.” Fathering: a journal of theory and research about men as parents. 12 (3), pp. 283-302.

Share

One thought on “Ayah, Ayo Membaca Bersama!

  • November 2, 2015 at 5:25 pm
    Permalink

    Artikelnya bagus. Sebagai seorang Ayah, saya belajar banyak dari artikel ini. Senang menemukan web ini!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *